Ilustrasi (Foto: google)

Cabut Gigi Atas Dapat Berakibat Kebutaan, Ini Penjelasannya

RS Mata Undaan 30 July 2019 17:45 WIB
RS Mata Undaan

Beberapa orang beranggapan mencabut gigi atas yang bermasalah atau mengalami infeksi dapat berakibat pada kebutaan mata. Mengenai hal ini dokter spesialis mata dr. Rita Tjandra, Sp.M dari Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) menjelaskan, bukan cabut giginya yang bermasalah. Namun, gigi yang mengalami peradangan atau infeksi bila dibiarkan tanpa penangganan memang dapat menyebabkan kebutaan, terutama untuk gigi bagian atas.

"Meskipun gigi tak dicabut kalau ada peradangan dan karies, lalu itu dibiarkan tanpa penangganan lama-lama akan dapat menyebabkan peradagangan pada mata yang berakibat kebutaan," ujar dr. Rita Tjandra, Sp.M yang merupakan dokter dengan sub spesialis Vitreoretina di RSMU.

Rita Tjandra menjelaskan hal ini dapat terjadi karena baik syaraf gigi maupun syaraf mata berasal dari syaraf otak yang sama yaitu, saraf trigeminal. Namun, pada dasarnnya tidak terdapat hubungan langsung antara syaraf mata dan syaraf gigi.

"Untuk itu saat gigi bermasalah baik itu infeksi atau terjadi pembekakan sebaiknya dilakukan perawatan pada dokter ahlinya," ungkapnya.

Tambahnya, tanda gigi bermasalah biasanya sering terjadi bengkak dan nyeri di gigi. Apalagi pada gigi yang tinggal akarnya saja itu harus dikonsultasikan dengan dokter agar tak berefek pada mata.

Bila Anda ingin memeriksakan kesehatan mata, Anda dapat datang pada rumah sakit khusus mata di Surabaya, RS Mata Undaan (RSMU) yang berada di Jalan Undaan Kulon Nomor 17-19, Surabaya.

Penulis : Pita Sari

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

31 Mar 2020 05:30 WIB

Tukang Insinyur Pimpin Perhimpunan

RS Mata Undaan

Ir Doelatif menjadi bagian penting perkembangan RSMU saat ini.

26 Mar 2020 14:12 WIB

Demi RSMU, Mundur dari Dosen di Usia Muda

RS Mata Undaan

Ini kisah dokter yang berjuang untuk membesarkan RS Mata Undaan.

22 Mar 2020 09:40 WIB

Antisipasi Wabah Covid, Ini yang Dilakukan RS Mata Undaan

RS Mata Undaan

Berbagai langkah dilakukan RS Mata Undaan dalam menghadapi Covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...