Prof Ahmad Syafii Maarif tetap sederhana dan berpesan kebaikan. (Foto: Istimewa)
Prof Ahmad Syafii Maarif tetap sederhana dan berpesan kebaikan. (Foto: Istimewa)

Buya Syafii: Keadilan Itu Pokok Tauhid di Muka Bumi

Ngopibareng.id Khazanah 28 November 2020 15:12 WIB

Prof Ahmad Syafii Maarif, di usia senjanya, tak bosan untuk terus menyampaikan nilai-nilai Islam kepada generasi muda. Yakni, untuk terus memperjuangkan serta merawat nilai-nilai keindonesiaan dengan terus memperjuangkan keadilan dan egaliteranisme.

“Pokok tauhid di muka bumi ini pertama adalah keadilan dan kedua adalah egaliterianisme. Hal itulah yang membuat tokoh penggagum Bung Hatta ini dalam berbagai kesempatannya sering mengeaskan bahwa Islam diturunkan bukan untuk Tuhan tetapi untuk manuisa. Dan keadilan merupakan inti dari ajaran islam itu sendiri," tutur Buya Syafii, panggilan akrabnya.


Jadi tidak heran Buya Syafii dalam setiap kesempatan kerap akrab dan berjumpa dengan banyak kalangan dari berbagai lapisan, golongan, dan agama. Seperti yang dituliskan Buya Syafii dalam ceritanya,

“Saya belum tentu orang baik, tetapi cukup banyak orang baik dari berbagai lapisan, golongan, dan agama yang memperkaya kepekaan kerohanian saya. Saya tak akan menyebut nama mereka, kecuali yang terbaru saja dialami yang menyebabkan mata saya berkaca-kaca dalam keharuan.”

Ia mengungkapkan hal itu, terkait keberhasilannya meraih Penghargaan People of The Year 2020 Kategori Lifetime Achievement (prestasi seumur hidup) dalam HUT ke-20 Metro TV, pada Selasa lalu.

Raihan penghargaaan yang didapatkan Buya Syafii tak terlepas dari konsistensinya merawat nilai egaliteranisme yang berhasil melewati batas-batas suku, agama, dan ras serta sumbangsih pemikirannya ntuk membangun bangsa Indonesia.

Salah satu hal nyata diwujudkan Buya Syafii atas komintennya terhadap nilai keindonesiaan dan egaliteranismenya tercermin lewat Maarif Institute sebuah lembaga gerakan kebudayaan dalam konteks keislaman, kemanusiaan, dan keindonesia.

Tiga ranah inilah yang merupakan pokok penting itulah yang menjadi perjalanan intelektualisme dan aktivisme Ahmad Syafii Maarif Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah dan Mantan Presiden World Conference on Religion for Peace (WCRP).

Bagi Buya Syafii penghargaan Lifetime Achievement People of The Year 2020 Metro TV sebagai pengingat dirinya sebagai orang tua agar senantiasa berjalan lurus dan selalu berharap kepada bangsa Indonesia agar semakin baik pada masa mendatang.

Selain Buya Syafii, Retno Marsudi Menteri Luar Negeri RI dan sejumlah tokoh lainnya juga menerima penghargaan People of The Year 2020 HUT Metro TV ke-20.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Jan 2021 20:46 WIB

Densus Tangkap Terduga Teroris di Aceh, 1 Orang Berstatus PNS

Nusantara

Densus tangkap dua orang terduga teroris.

22 Jan 2021 19:57 WIB

20 Hari Isolasi, Emil Ungkap Kondisi Terkini Gubernur Jatim

Jawa Timur

Terkait kembali aktifnya Khofifah Pemprov tunggu keputusan tim dokter.

22 Jan 2021 19:12 WIB

Wow! Pendaki Gunung Raung Sempat Berfoto Berlatarbelakang Erupsi

Jawa Timur

Termasuk beruntung karena berhasil mengabadikan momen istimewa.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...