Ratusan kendaraan yang akan menyeberang ke Sumatra mengantre masuk ke kapal feri di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Rabu 13 Juni pagi. Berdasarkan Data PT ASDP Merak, jumlah pemudik yang melintas pada H-3 lebaran mencapai puncaknya, yakni sebanyak 31 ribu orang pemudik dengan menumpang 16 ribu kendaraan roda empat dan 21 ribu sepeda motor. Data sejak Kamis (7 Juni ) atau H-7 hingga Selasa (12 Juni) total pemudik yang melintas di Pelabuhan Merak mencapai 574 ribu orang dengan menggunakan 58 ribu kendaraan roda empat, 36 ribu sepeda motor, 2.956 bus, serta sisanya pejalan kaki. (foto:asep fathulrahman/antara)

Butuh Waktu 3 Jam untuk Naik ke Feri di Pelabuhan Merak

13 Jun 2018 14:59

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Para pemudik tujuan Sumatera rata-rata butuh waktu tiga jam lebih untuk bisa naik ke feri di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten, Rabu 13 Juni 2018, dini hari.

Antrian panjang terjadi sejak km 94 jalan tol sebelum naik ke feri, karena terjadi kemacetan sepanjang delapan kilometer.

Petugas sudah melakukan antisipasi bersama pengelola pelabuhan, seperti di sepanjang jalan terlihat petugas berjaga dan mengatur arus lalulintas dan antrian masuk ke kapal.

Polisi lalulintas dan petugas Dinas Perhubungan terlihat mengatur antrian agar pemudik bersegera bergerak saat kepadatan terurai untuk kemudian tersendat lagi.

Pergerakan kendaraan sangat tergantung pada arus keluar dan masuk kendaraan di dermaga pelabuhan.

Di Dermaga 1 misalnya, petugas berjaga pada setiap antrian yang jumlahnya hingga belasan baris.

Kesiapan tersebut menjadikan antrian tertib dan efektif sehingga tidak perlu menanti lama untuk masuk kapal. Petugas juga memprioritas motor roda dua yang jumlahnya cukup banyak.

Pengelola pelabuhan, kepada media, menyatakan mempersiapkan dermaga 6, 1 dan 4 untuk pemudik bermotor. Kondisi antrian tahun ini jauh lebih baik dibandingkan beberapa tahun lalu, dimana kemacetan terjadi sejauh 10 km.

Reduksi kemacetan tersebut agaknya terpengaruh dengan masa libur yang panjang sebelum Lebaran. Semula pemerintah menetapkan libur bersama pada 13-14 Juni sebelum Lebaran 2018.

Penambahan libur sejak Senin 11 Juni  menjadikan jadwal mudik menjadi terpencar, yakni sejak Jumat malam (8 Juni) hingga Kamis (14 Juni). Agaknya, dengan mempertimbangkan jarak tempuh dan libur bersama sebagian perusahaan swasta yang dimulai pada Rabu (13 Juni) menjadikan Selasa malam (12 Juni) menjadi puncak arus mudik di Pelabuhan Merak menuju Sumatera.

Rekayasa penentuan hari libur dan antisipasi kepadatan menjadikan puncak arus mudik di Merak menjadi lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. (an/ar)