Buta Warna Tidak Bisa Disembuhkan, Tapi Bisa Diedukasi

10 Jan 2019 11:06 ngopiHealth

Buta warna adalah kondisi berkurangnya kualitas penglihatan terhadap warna yang biasanya diturunkan oleh orang tua ke anak mereka. Kelainan ini merupakan kelainan genetik.

Seorang ibu yang buta warna punya peluang besar untuk menurunkannya pada anak yang dilahirkan kelak.

Dokter spesialis penyakit mata anak Dr. Irma Praminiarti, SpM dari Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) mengatakan, buta warna tidak bisa disembuhkan, tapi si penderita bisa diarahkan demi kualitas hidup yang lebih baik.

"Kalau dari kecil sudah diketahui orang tuanya harus mengerti kalau anak sedikt berbeda, jadi orang tuanya bisa mengarahkan si anak pada profesi yang menuntutnya untuk tampil sempurna. Bisa arahkan pada profesi sosial atau lainnya," ujar dokter dengan sub spesialis penyakit mata anak ini.

Peran orangtua pada anak yang mengalami buta warna sangat berpegaruh untuk kehidupan anak di masa mendatang. "Kita sebagai dokter hanya bisa mengedukasi orangtua agar tidak berharap berlebihan pada sang anak jadi tidak ada yang merasa kecewa nantinya," tutur Irma.

Ia pun menghimbau agar orangtua mengenali kelainan buta warna anak sejak kecil dengan cara menstimulasinya dengan berbagai warna. "Bila sang anak menunjukan keanehan dalam melihat warna, bisa langsungnya membawanya berkonsultasi ke dokter mata. Kalau diketahui sejak dini, ansipasi ke depannya bisa lebih bagus," pungkasnya. (pts)

Reporter/Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini