Busana etnik karya desainer Soesi Soekotjo. (Foto: Istimewa)

Busana Kantoran dengan Mengusung Tema Etnik

Inovasi 26 March 2020 11:55 WIB

Baju bercorak etnik tidak lagi terkesan kuno. Di tangan para desainer, baju etnik terlihat jauh lebih modern, mewah, dan berkelas. Busana bernuansa etnik juga bisa digunakan untuk bekerja.

Soesi Soekotjo merupakan salah satu desainer yang mengusung tema etnik dengan  busana bertajuk Manika atau batu permata.

Soesi, biasa dia disapa mengungkapkan, busananya ini mengunakan batik gedog, tenun, dan linen Khusus tenun. Selain itu, Soesi juga memakai tenun dari Jepara.

Padupadan ketiga bahan tersebut dirancang dalam bentuk outer, tunik dan dress yang semuanya berciri tumpuk dengan warna hitam dan mocca yang cenderung gelap.

"Jadi, busana ini bisa digunakan untuk ke kantor dan juga pesta. Bisa multifungsi juga, tergantung permainan mix and match pemakainya," kata Soesi.

Soesi Soekotjo bersama para pragawati yang mengenakan busana etnik hasil karyanya Foto IstimewaSoesi Soekotjo bersama para pragawati yang mengenakan busana etnik hasil karyanya. (Foto: Istimewa)

Busana karya Soesi Soekotjo menggambarkan kesan kuat dan cerdas dalam diri seorang perempuan. Hal ini telihat dari desain busana yang memang nampak tegas pada cutting serta model busana yang longgar. Sehingga perempuan bisa leluasa bergerak.

"Melalui baju ini, saya tidak ingin menggambarkan sosok perempuan yang klemar-klemer, tapi perempuan yang tegas dan aktif bergerak," terangnya.

Selain Manika, karya busana Soesi Soekotjo lainnya juga sudah banyak diluncurkan ke publik. Uniknya, desain baju buatannya tersebut hanya mengandalkan insting.

Soesi Soekotjo mengaku, belajar secara otodidak karena dirinya memang suka merancang busana.

"Saat ini saya juga giat memproduksi batik untuk busana kerja maupun casual. Dalam sebulan, saya mampu menghasilkan 50 hingga 75 jenis busana bahan batik," tutupnya.

Penulis : Pita Sari

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Jun 2020 10:00 WIB

Kunci Jawaban Belajar dari Rumah Siswa SMA, Yoghurt Susu Kambing

Pendidikan

Materi belajar siswa SMA tentang Yoghurt dari Susu Kambing.

03 Jun 2020 09:51 WIB

Cluster Desa Giripurno Kota Batu Terapkan PSBL

Jawa Timur

Dari 28 jumlah pasien Covid-19 di Kota Batu, 18 diantaranya dari Giripurno

03 Jun 2020 09:30 WIB

Kunci Jawaban Belajar dari Rumah, SMP: Pembangkit Listrik

Pendidikan

Materi belajar siswa SMP tentang Pembangkit Listrik Tenaga Matahari.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...