Ketua SPSI Jatim, Ahmad Fauzi (dua dari kiri) ketika menyampaikan keterangan terkait UMK di Surabaya, Minggu 23 November 2020. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)
Ketua SPSI Jatim, Ahmad Fauzi (dua dari kiri) ketika menyampaikan keterangan terkait UMK di Surabaya, Minggu 23 November 2020. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

SPSI Terima Kenaikan UMK di Jatim yang Tak Signifikan

Ngopibareng.id Ekonomi dan Bisnis 23 November 2020 19:07 WIB

Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Jawa Timur, Ahmad Fauzi menyambut baik upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang telah memutuskan besaran Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) tahun 2021.

Dari keputusan Surat Keputusan Gubernur Jatim Nomor 188/538/KPTS/013/2020 tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota di Jawa Timur Tahun 2021. Dalam putusan tersebut tercatat ada 27 daerah yang mengalami kenaikan besaran dan ada 11 daerah yang tetap dengan besaran tahun 2020 ini.

Menanggapi itu, Fauzi menyampaik apresiasi atas perhatian Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa yang begitu bijak dalam mengambil keputusan terkait besaran UMK di tengah kondisi pandemi virus corona atau Covid-19.

“Atas nama Dewan Pengupahan dari unsur pekerja kami menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Jatim, khususnya Ibu Gubernur, Pak Sekda, Disnaker, di mana Pemerintah Pusat melalui Menaker telah menerbitkan SE M/11/HK.04/X/2020 yang meminta UMK dan UMP tidak ada kenaikan. Namun Ibu Gubernur berani keluar dari aturan menteri dengan menaikkan besaran UMP dan UMK,” ungkap Fauzi.

Walau begitu, ia mengaku kenaikan tersebut tidak lazim karena banyak pekerja yang terdampak adanya pandemi. Namun di sisi lain itu bisa diterima karena tak sedikit pula pengusaha yang terdampak.

Dengan kebijakan menaikkan UMK, Fauzi meminta para pengusaha yang mendesak untuk menurunkan besaran UMK agar dapat memahami situasi yang ada sekarang.

“Ini keputusan terbaik di tengah pandemi. Ini keputusan politik bijak karena merespon tuntuan pekerja yang mengeluarkan tuntutan dan merespon hasil dewan pengupahan,” pungkasnya.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Jan 2021 11:26 WIB

Tertimpa Tangga

Dahlan Iskan

Nasib keluarga Trump seperti sudah jatuh ketimpa tangga. Piye tho?

25 Jan 2021 10:05 WIB

Terima Kasih, Tom Dumoulin!

Gowes Bareng

Team Jumbo-Visma mengumumkan Tom Dumoulin menjadi pemimpin tim ini.

25 Jan 2021 09:30 WIB

Petirtaan Sumber Beji Sungguh Istimewa

Jejak Peradaban

Sistem saluran air di pentirtaan ini menggunakan sistem penyaringan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...