Bupati Resmikan Pasar Murah 2019 di Pasuruan

14 May 2019 17:45 Ngopibareng Pasuruan

Mengantisipasi lonjakan harga sembako di bulan Ramadhan, Pemerintah Kabupaten Pasuruan menggelar Pasar Murah 2019. Sebagai lokasi pertama adalah Lapangan Desa Jeruk Purut, Kecamatan Gempol yang dibuka secara resmi oleh Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Selasa 14 Mei 2019.

Pembukaan Pasar Murah tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Pasuruan Abdul Mujib Imron, Ketua Tim Penggerak PKK Lulis Irsyad Yusuf, Wakil Ketua I TP PKK Nanik Asnawati Mujib Imron, Kapolres Pasuruan AKBP Rizal Martomo, Ketua PN Bangil Sri Sulastri dan pejabat lainnya.

Menurut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Pasuruan, Soeharto, ada sebanyak lima lokasi penyelenggaraan Pasar Murah. Yakni Lapangan Desa Bulukandang, Kecamatan Prigen pada tanggal 16 Mei; Lapangan Desa Gerbo, Purwodadi pada tanggal 21 Mei; Lapangan Desa Sambisirah, Wonorejo pada tanggal 22 Mei, serta Lapangan Desa Kemantrenrejo, Kecamatan Rejoso pada 23 Mei 2019.

Pasar Murah digelar untuk mengantisipasi tren naiknya harga sembako selama Ramadhan maupun menjelang lebaran. Pasalnya, konsumsi untuk bahan kebutuhan pokok cenderung mengalami peningkatan, sehingga dapat mengakibatkan lonjakan harga barang-barang kebutuhan pokok masyarakat.

“Akhirnya dapat melemahkan daya beli masyarakat terutama warga kurang mampu. Untuk itu, sebagai bagian dari langkah pemantauan dan pelaporan terkait perkembangan harga harian, maka kita gelar Pasar Murah ini,” kata Soeharto.

Selama pasar murah berlangsung, Disperindag bekerja sama dengan beberapa pihak sebagai distributor kebutuhan sembako. Peserta pasar murah terdiri dari OPD terkait (Dinas Pertanian, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dan Disperindag), 24 kecamatan, IKM dan UKM, Perusahaan, BUMN, Bank Jatim, Bank Indonesia, Hiswana Migas dan perusahaan lainnya.

“Semua jenis sembako akan kita jual dengan harga miring. Pasti lebih murah dari pasaran, sehingga saya himbau untuk masyarakat agar beramai-ramai datang ke Pasar Murah 2018,” ujar Soeharto.

Sementara itu, Bupati Irsyad Yusuf dalam sambutannya mengajak kepada seluruh warga Gempol dan sekitarnya untuk datang ke Pasar Murah. Selain harganya lebih rendah dibanding harga pada pasaran umumnya, ketersediaan barang yang dijual juga lengkap.

“Silahkan datang selama dua hari ini. Kita gelar Pasar Murah supaya masyarakat, khususnya yang kurang mampu dapat membeli dengan harga yang relatif murah," ujarnya. (emil)

Reporter/Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini