Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memberikan cenderamata pada Bupati Pekalongan Asip Kholbihi (Foto: Istimewa)

Bupati Pekalongan Ajak Banyuwangi Kolaborasi Kembangkan Batik

Jawa Timur 15 February 2020 16:25 WIB

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengajak Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berkolaborasi mengembangkan batik daerah. Asip menyampaikan keinginannya itu saat berkunjung ke Banyuwangi, Sabtu 15 Februari 2020. Seperti diketahui, Pekalongan adalah daerah di Indonesia yang dikenal dengan industri batiknya. 

"Kami melihat batik Banyuwangi ini punya kekhasan motif yang selalu dijaga kelestariannya. Kami dengan senang hati mengajak Banyuwangi untuk mengembangkan industri batik," katanya.

Dalam kunjungan ke Banyuwangi, Asip sempat mengunjungi Mal Pelayanan Publik (MPP) yang dimiliki Banyuwangi. Dia memuji pelayanan masyarakat di MPP dan ingin menerapkan di wilayahnya.

"Pelayanan satu pintu di MPP membuat segala sesuatunya lebih singkat alias hemat waktu dan hemat biaya. Di sini masyarakat mendapatkan kemudahan dalam pelayanan," ujarnya.

Asip mengaku ingin belajar banyak hal dari Banyuwangi. Dia juga merasa senang bisa belajar ke Banyuwangi. Pemerintah Daerah ini dinilai berhasil mengubah image Banyuwangi menjadi wilayah yang jadi rujukan bagi penyelenggara pemerintahan.

"MPP mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat akan pelayanan pemerintahan," jelasnya.

Bupati Anas mengaku senang dengan ajakan kolaborasi dari Bupati Pekalongan. Apalagi Pekalongan merupakan wilayah yang maju dengan industri batiknya sejak lama. 

"Kami senang bisa saling kolaborasi untuk mengembangkan daerah. Kita bisa saling belajar. Tentu setiap daerah punya kelebihan dan kekurangan masing-masing," kata Anas.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Mar 2020 23:30 WIB

Di Jatim, Satu Lagi Pasein Corona Meninggal Dunia

Jawa Timur

Pasien yang meninggal itu berasal dari Kabupaten Pamekasan

30 Mar 2020 23:06 WIB

Tiga Pasien Positif di Jatim Berhasil 'Lawan' Corona

Jawa Timur

Tiga orang tersebut sudah dipulangkan ke rumah masing-masing

30 Mar 2020 22:03 WIB

Edarkan Sabu Sabu, Ibu Rumah Tangga Ini Ditangkap Polisi

Jawa Timur

Ibu ini berdalih untuk biaya kuliah anaknya di Malang

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.