Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf saat mengikuti Khotmil Qur'an virtual di kantornya. (Foto: Dok Humas)
Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf saat mengikuti Khotmil Qur'an virtual di kantornya. (Foto: Dok Humas)

Bupati Pasuruan Sebut Pelaksanaan PSBB Berjalan Efektif

Ngopibareng.id Ngopibareng Pasuruan 01 October 2020 22:35 WIB

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf menilai, pelaksanaan PSBB saat ini relatif berjalan efektif. Terbukti, masyarakat secara bertahap telah disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Terutama dalam hal penggunaan masker dan menahan diri untuk tidak menyelenggarakan kegiatan yang mengundang kerumunan massa selama pandemi.

Apresiasi tersebut disampaikan dalam kegiatan Khotmil Qur’an daring menggunakan aplikasi zoom meeting, Kamis, 1 Oktober 2020. Oleh karena itu, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diimbau agar makin intens melakukan kontrol terhadap pelaksanaan protokol kesehatan di kantornya. Diharapkan, setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) memberikan contoh yang baik di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

"Penanganan wabah pandemi harus dilakukan bersama-sama agar bisa memutus mata rantai penyebarannya. Jadi, harus diantisipasi kita semuanya. Terimakasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran semuanya, termasuk Kajari yang mendukung implementasi SE tentang PSBB. Jangan pernah lelah untuk melaksanakannya. Untuk mengatur masyarakat kita, pada akhirnya semuanya bertujuan demi keselamatan kita," katanya.

Bupati juga berpesan agar ada monitoring dari semua Kepala OPD terhadap kegiatan yang merupakan hasil perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 di masa pandemi. Baik dari sisi pengoptimalan penyerapan anggaran maupun evaluasi pelaksanaan kegiatan.

"Penyerapan harus maksimal. Kepala OPD harus monitor seluruh bidang, terutama kegiatan yang merupakan hasil perubahan APBD. Penggunaan BTT harus benar-benar maksimal. Pak Lurah, Pak Camat kami minta untuk selalu mengendalikan wilayahnya, terutama upaya memotong mata rantai Covid-19 yang tetap jadi tugas utama kita semua. Terimakasih atas dedikasi seluruh jajaran," katanya.

Gus Irsyad, sapaan akrab orang nomor satu di Kabupaten Pasuruan tersebut, juga mengapresiasi pelaksanaan Khotmil Qur’an yang dilaksanakan secara online setiap Kamis pagi. Baik dari segi kualitas maupun kuantitas yakni jumlah peserta yang semakin bertambah di setiap pelaksanaannya.

"Alhamdulillah kita masih bisa melaksanakan pengajian Khotmil Qur’an secara virtual dalam rangka program Kebal Covid-19. Dari hari ke hari, pelaksanaannya sudah semakin baik. Dari segi penggunaan teknologinya juga makin sempurna. Tentunya harus tetap ditingkatkan lagi, mana sekiranya yang perlu diperbaiki. Terutama niat kita yang merupakan bagian dari ikhtiar untuk meningkatkan keimanan, karena Khotmil Qur’an sebagai media agar kita selalu diselamatkan dari wabah ini," katanya.

Selama ini, kegiatan program Kebal Covid-19 dalam bentuk Khotmil Qur’an dilaksanakan secara rutin melalui sistem daring menggunakan aplikasi zoom meeting. Tujuannya untuk meningkatkan kesehatan rohani dan spiritual selama fase Adaptasi Kenormalam Baru (AKB) di lingkungan Pemkab Pasuruan. Setiap Kamis pagi, OPD berkewajiban untuk menyelesaikan beberapa surat. Harapannya mampu mengimbangi kesehatan fisik agar tetap prima selama berkarya dan melakukan kegiatan rutinitas kantor.

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Mar 2021 08:36 WIB

Berjumpa Arwah Orang yang Telah Wafat, Ini Penjelasan Ulama

Islam Sehari-hari

Penjelasan Ketua Komisi Fatwa MUI Jawa Timur

01 Mar 2021 08:07 WIB

Malaikat dalam Kubur, Mereka Dikerjai Nasrudin Hoja

Humor Sufi

Humor Sufi - renungan di masa pandemi Covid-19

01 Mar 2021 07:53 WIB

Artidjo Alkostar: Sebuah Kitab Keadilan

Hamid Basyaib

Artidjo sosok penegak hukum yang memiliki integritas tinggi dan sahaya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...