Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf memanen kurma di wisata kebun kurma. (Foto: Dok Humas)

Bupati Pasuruan Panen Kurma

Ngopibareng Pasuruan 04 November 2019 19:35 WIB

Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf memanen Kurma jenis Barhe dan Lulu di lokasi petik Wisata Kebun Kurma. Tak sendirian, Irsyad memanen mangga dengan ditemani istrinya, Lulis Irsyad Yusuf serta ibundanya, Nyai Solichah Yusuf.

Bupati Irsyad tampak sangat antusias memetik kurma dengan menggunakan gunting yang telah disediakan. Menurutnya, memetik kurma dari pohonnya memberikan sensasi tersendiri. Lantaran baru pertama kali dilakukan, dan hanya ada di Kabupaten Pasuruan, tepatnya di Wisata Kebun Kurma.

"Pasti banyak juga yang belum pernah memetik buah kurma dari pohonnya. Biasanya memang kita hanya membeli di toko atau pasar ketika ramadhan atau lebaran. Tapi ini kita petik sendiri, ya senang sekali,” katanya.

Setelah dipetik, Bupati Irsyad langsung mencicipi 2 jenis kurma yang dinamai Kurpas atau Kurma Pasuruan. Kata Irsyad, meski sama-sama kurma, tapi kurma barhe lebih manis dibanding kurma jenis lulu.

"Lebih enak kurma Barhe. Buahnya lebih besar dan lebih manis,” katanya.

Lebih lanjut, Irsyad menegaskan, hadirnya wisata Kebun Kurma memberikan banyak pilihan untuk para wisatawan. Khususnya yang tertarik ingin memetik kurma langsung dari pohonnya.

Oleh karenanya, untuk mempopulerkan Wisata Kebun Kurma, dirinya mengajak Wisata Kebun Kurma untuk berpartisipasi dalam Pameran Mangga Alpukat di Mangga Dua Square, Jakarta, pada 15-17 Nopember 2019.

"Dalam kesempatan ini, saya ajak Ibu Wida selaku Owner Wisata Kebun Kurma untuk ikut meramaikan Pameran Mangga Alpukat di Mangga Dua Square Jakarta. Supaya kurma pasuruan semakin dikenal dan akhirnya laris di pasaran," katanya.

Sementara itu, Owner Wisata Kebun Kurma, Rusti Widayati mengatakan, total terdapat 494 pohon kurma yang ditanam di lahan seluas 3,7 hektar.

Dari jumlah tersebut, sudah ada 47 pohon yang berbuah dan siap dipanen. Sedangkan yang lain masih baru "ngembang" alias muncul bunga yang nanti akan menjadi buah.

"Ada yang masih muda, sehingga butuh beberapa bulan untuk bisa berbuah. Tapi di sini berbuah setiap hari. Jadi jangan kuatir, kalau ingin lihat buah kurma langsung dari pohonnya, silahkan datang ke Wisata Kebun Kurma. Ada wahana untuk anak-anak dan keluarga, ada satwa yang juga kami hadirkan, belum lagi Pesawat Saygon sebagai hotel dan pusat oleh-oleh, dan kolam ikan khusus terapi," kata Wida, sapaan akrab Rusti Widayati. (sumber: www.pasuruankab.go.id)

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Jul 2020 19:45 WIB

Update Covid-19 Pasuruan: 6 Orang Positif, 1 Bayi Sembuh

Ngopibareng Pasuruan

Total yang positif corona ada 453 orang.

14 Jul 2020 05:25 WIB

12 Warga Pasuruan Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Ngopibareng Pasuruan

Sementara, ada 9 warga yang dinyatakan positif covid-19.

13 Jul 2020 19:32 WIB

Pandemi Corona, Irsyad: ASN Bekerja Jangan Sekedar Rutinitas

Ngopibareng Pasuruan

ASN bekerja harus mengacu pada SAKIB.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...