Bupati Irsyad Yusuf Minta Dispora Jaring Calon Atlet Usia Dini

17 Aug 2019 15:30 Ngopibareng Pasuruan

Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf meminta Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) Kabupaten Pasuruan gencar membidik calon-calon atlet, sedini mungkin.

Permintaan tersebut disampaikan Irsyad saat memberikan Pembinaan Keolahragaan terhadap seluruh pegawai Dispora, di Halaman Dinas Setempat, pekan lalu malam.

Dalam sambutannya, Irsyad menegaskan pentingnya melakukan penelusuran terhadap bakat, minat dan potensi anak-anak di Kabupaten Pasuruan di bidang keolahragaan. Penelusuran tersebut harus dilakukan secara menyeluruh hingga menyentuh daerah perbatasan atau titik terluar Kabupaten Pasuruan.

"Kemarin hasil dari Porprov Jatim sebenarnya sudah bagus, karena secara rangking naik. Meski begitu, masih banyak cabang olahraga yang tidak bisa diikuti karena kita kekurangan atlet. Nah itu yang menjadi PR bersama yang harus kita selesaikan sesegera mungkin," katanya.

Selama ini, Irsyad menilai banyak hal yang belum dimaksimalkan. Utamanya dalam membidik calon-calon atlet Kabupaten Pasuruan. Sehingga dengan restrukturisasi di tubuh Dispora, diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan dunia keolahragaan di Kabupaten Pasuruan.

"Kita ingin agar orang-orang yang ada di internal Dispora betul-betul sepenuh hati dalam membantu mewujudkan keinginan kita semua. Menciptakan atlet dengan jumlah yang banyak dan berkualitas," katanya.

Lebih lanjut, Irsyad juga mengungkapkan bahwasanya banyak jargon-jargon (inovasi) Pemkab Pasuruan yang focus pada satu persatu bidang. Sebut saja Pusaka (Pemuda dan Santri Anti Narkoba), Pelasan (Pelatihan Santri) dan P3D (Pemuda Pelopor Pembangunan Desa) yang kesemuanya berkaitan dengan urusan kepemudaan, termasuk keolahragaan. Seluruh jargon tersebut harus bisa diterjemahkan dengan baik oleh Dispora maupun Dinas terkait lainnya.

"Ada Dinas Pendidikan yang membawahi seluruh pelajar di tingkatan dini, dasar maupun menengah. Dan sudah bagus, karena sukses memfasilitasi anak-anak yang punya kemampuan di bidang keolahragaan, dan harusnya sekarang jauh lebih bagus dengan berkoordinasi bersama Dispora," ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dispora Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko menambahkan bahwasanya peningkatan prestasi di bdiang keolahragaan, pembinaan atlet-atlet usia dini dan urusan kepemudaan akan semakin ditingkatkan.

"Tentunya dengan dukungan dan kerja sama dari semua pihak. Tanpa itu, tidak bisa serta merta kita raih. Terima kasih untuk semangat dan dorongan dari Pak Bupati dan semua jajaran. Semoga amanah ini dapat kita jaga dengan sebaik-baiknya,' katanya. (sumber: www.pasuruankab.go.id)