Bupati Irsyad Yusuf Gelar Operasi Pasar Cek Harga Bahan Pokok

Ngopibareng.id Ngopibareng Pasuruan 23 May 2019 14:10 WIB

Guna memastikan ketersediaan Bahan Pokok Penting (Bapokting) atau sembako tercukupi selama Ramadhan dan Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan menggelar Operasi Pasar di Pasar Purwosari, Kamis pagi, 23 Mei 2019.

Operasi tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf dan wakilnya Abdul Mujib Imron, serta didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Soeharto, beberapa Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, seperti Disperindag, Dinas Perikanan, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan dan lainnya.

Dari pantauan di lapangan, Bupati Irsyad Yusuf blusukan ke beberapa penjual daging, sayuran, hingga penjual jajanan khas lebaran. Tujuannya tak lain untuk mengecek perkembangan harga bapokting.

“Saya sempat ngobrol dengan beberapa penjual. Dan Alhamdulillah, stok bapokting masih aman, termasuk bawang putih yang harganya sudah stabil sekarang,” kata Irsyad Yusuf di sela-sela operasi pasar.

Khusus untuk bawang putih, Irsyad Yusuf menegaskan, harga di pasar tradisional turun menjadi Rp 28 ribu. Sebelumnya, masyarakat sempat resah dengan kenaikan harga bawang putih Rp 65 ribu per kilogram.

“Pemerintah sudah mendistribusikan bawang putih impor dengan jumlah banyak. Dan sekarang harganya sudah kembali normal lagi. Begitu pula dengan harga bapokting lainnya. Kalaupun ada yang naik, itu sangat kecil dan saya yakin masyarakat masih bisa menjangkaunya,” jelasnya.

Beberapa harga bapokting lainnya cabe rawit naik dari Rp 12.900 menjadi Rp 13.700 serta tomat naik dari Rp9900 menjadi Rp 10.200. Sedangkan harga beras masih sama yakni Rp 9400 untuk jenis IR 64, gula pasir seharga Rp 11.900/kg, minyak goreng curah seharga Rp 11.300/kg, daging sapi Rp 108.000, daging ayam Rp 30.000, telur ayam Rp 21.000, serta tepung terigu masih di kisaran Rp 8000 per 1 kilogram.

Operasi pasar adalah satu dari bagian kegiatan yang bertujuan untuk menanggulangi perubahan harga ketika Ramadhan atau Lebaran tiba. Pemkab Pasuruan, menurut Irsyad, menggelar Pasar Murah di 5 lokasi yakni Lapangan Desa Jeruk Purut, Gempol; Lapangan Desa Bulukandang, Prigen; Lapangan Desa Gerbo, Purwodadi; Lapangan Desa Sambisirah, Wonorejo, dan Lapangan Desa Kemantrenrejo, Kecamatan Rejoso.

“Kalau pasar murah kita gelar dengan kita berikan subsidi. Juga kita libatkan semua OPD, kecamatan hingga BUMN dan Perbankan untuk membantu masyarakat agar mengurangi beban akan naiknya harga bapokting,” tegas Irsyad kepada Suara Pasuruan. (emil)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Oct 2020 21:52 WIB

Pandemi, Dispendukcapil Pasuruan Pastikan Stok Blangko e-KTP Aman

Ngopibareng Pasuruan

Dalam sebulan ke depan stok blangko e-ktp tersedia.

03 Oct 2020 22:15 WIB

Masa Pandemi, Pemkab Pasuruan Kembali Galakkan Program Pujangga

Ngopibareng Pasuruan

Program ini meningkatkan minat baca keluarga di masa pandemi.

01 Oct 2020 22:35 WIB

Bupati Pasuruan Sebut Pelaksanaan PSBB Berjalan Efektif

Ngopibareng Pasuruan

Pelaksanaan PSBB di Pasuruan berjalan efektif menekan penyebaran covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...