DPD PDIP Jatim saat ditemui di Kantornya, Kendangsari, Surabaya, Minggu 14 Juli 2019. (Foto: Farid/ngopibareng.id)

Buntut Kegaduhan, PAC PDIP Surabaya Akan Konfercab Lanjutan

Politik 14 July 2019 21:48 WIB

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jatim menunggu Konferensi Cabang (Konfercab) lanjutan DPC PDIP Kota Surabaya pasca konfercab 7 Juli 2019 yang deadlock.

Konfercab ini melanjutkan konferensi sebelumnya yang terhenti akibat aksi sejumlah PAC yang tidak setuju dengan keputusan Ketua DPP PDIP yang menunjuk Adi Sutarwijono sebagai Ketua DPC Surabaya menggantikan Whisnu Sakti Buana.

"Kita menunggu kapan kemudian DPP menjadwalkan konfercab lanjutan," ujar Kusnadi, saat konferensi pers usai mensosialisasikan Peraturan PDIP Nomor 28/2019 di Kantor DPD PDIP Jatim, Jalan Kendangsari, Surabaya, Minggu 14 Juli 2019.

Lanjut Kusnadi, dalam konfercab lanjutan tersebut DPD tak mengetahui apakah keputusan penunjukan Adi yang dibacakan Ketua DPP PDIP Ribka Tjiptaning pada Minggu, 7 Juli 2019 lalu akan berubah atau tidak. Menurutnya, hal tersebut merupakan wewenang penuh DPP.

Diinformasikan, DPC PDIP pada 7 Juli 2019 menggelar konferensi pemilihan ketua, sekretaris, dan bendara, serta 2 formatur. Namun pada pembacaan rekomendasi DPP rapat deadlock akibat aksi penolakan peserta yang merupakan pengurus PAC. 

"Kemarin itu kan sampai demisioner pengurus lama. Ya nanti dilanjutkan setelah demisioner. Surat rekomendasi berubah atau tidak yang menentukan kewenangan DPP," kata Kusnadi.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari Bisowarno menambahkan, mekanisme penunjukan SKB langsung oleh DPP PDIP ini baru pertama kali terjadi.

Meski demikian, dalam mekanismenya PAC tetap boleh mengusulkan beberapa nama calon ketua DPC. Namun keputusannya tetap pada wewenang DPP. Hal itu sebagaimana tercantum pada pasal 44 Bab X Ketentuan Khusus Peraturan PDIP nomor 28 tahun 2019.

"Apapun pasal 44 peraturan partai segala sesuatunya menjadi keputusan DPP. DPP bisa saja menentukan nama yang ada di luar usulan itu," kata dia.

Nantinya, Konfercab lanjutan ini bukan hanya digelar untuk PAC Surabaya. Tapi juga Bojonegoro yang mengalami permasalahan serupa, dan Banyuwangi.

"Bukan hanya Surabaya, tapi Banyuwangi dan Bojonegoro. Konfercab itu akan dilaksanakan sebelum tanggal 27 Juli. Karena pada tanggal itu kita ada Konferda," ujar dia. (frd)

Penulis : Farid Rahman

Editor : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Jul 2020 16:40 WIB

DPC PDIP Surabaya Dukung Siapapun yang Dipilih DPP

Pilkada

DPC belum terima rekomendasi dari DPP PDIP.

21 May 2020 02:10 WIB

Harkitnas, PDIP Surabaya Ajak Lawan Covid-19

Surabaya

22 Tahun Reformasi, PDIP Surabaya: Spirit-nya Relevan untuk Lawan Covid-19.

06 May 2020 20:38 WIB

Ikuti PDIP, Fraksi PSI Tolak Usulan Pansus Covid di DPRD Surabaya

Surabaya

Fraksi PSI ikuti tolak pansus covid-19

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...