Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ganti nama CFD jadi kawasan pesepeda. (Asmanu Sudharso/Ngopibareng.id)

Anies Baswedan Ganti Nama CFD Jadi Kawasan Pesepeda

Nasional 05 July 2020 11:55 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengganti istilah car free day (CFD) lokasi alternatif olahraga di DKI dengan kawasan pesepeda. Hal itu dilakukan berkaitan dengan menjaga jarak aman.

"Mengenai kegiatan car free day, kami lakukan penyebaran di 32 lokasi dan namanya pun bukan car free day, namanya kawasan pesepeda. Kenapa kawasan pesepada? Untuk mendorong orang menggunakan sepeda agar jarak aman bisa tercapai," kata Anies melalui video Minggu 5 Juli 2020.

Menurut Anies, penggantian nama itu agar masyarakat lebih banyak menggunakan sepeda di titik yang telah ditentukan. Tujuannya, untuk menghindari risiko berdekatan seperti jika warga berkerumun dan berjalan kaki.

"Masalah utama dari kawasan yang ditutup dari kendaraan bermotor tapi tidak difokuskan untuk sepeda adalah begitu banyak orang berkerumun, jalan kaki dalam jarak yang berdekatan," ujar Anies.

Menurutnya, kawasan pesepeda bisa jadi akan berkembang lebih dari 32 titik, jika dirasa efektif meminimalisir terjadinya kerumunan, sehingga mengurangi risiko penyebaran covid-19.

Anies mengaku memahami keinginan masyarakat berolahraga. Karena itulah, Pemprov DKI Jakarta menyediakan 32 lokasi olahraga agar masyarakat tidak perlu antre seperti di GBK.

"Jadi satu sisi ada kebutuhan itu (olahraga), sisi lain kebutuhan keselamatan. Karena itulah kemudian diputuskan menggunakan 32 area untuk kawasan pesepeda, yang tersebar di lima wilayah Jakarta," ujar Anies.

Dalam pengamatan Ngopibareng.id. meski car free day (CFD) di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat sudah ditiadakan, namun masih banyak warga yang bersepeda atau berolahraga lari dan mengambil jalur kendaraan.

Sehingga kadang mereka berimpitan dengan sejumlah pemotor dan pengguna roda empat. Jalur pop-up sepeda terlihat dijadikan tempat untuk berhenti.

Sesekali terlihat pengguna kendaraan roda dua dan roda empat mengurangi kecepatannya saat melewati warga yang berolahraga. Tak jarang pemotor terlihat kebingungan dan membunyikan klaksonnya ke para pesepeda.

"Sekali lagi mohon Bapak, Ibu, Adik-adik yang bersepeda santai tolong gunakan jalur kiri," kata petugas Dinas Perhubungan DKI dengan pengeras suara sembari berkeliling di lokasi. Bagi mereka yang tidak memakai masker dipersilakan pulang.

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 12:20 WIB

Video Latihan Anggota Paskibra yang hanya Berjumlah 8 Orang

Nasional

Paskibraka tak menyangka bisa dua kali bertugas gara-gara corona.

09 Aug 2020 12:12 WIB

Covid Sudah Membunuh Lebih 100.000 Warga Brazil

Internasional

Akibat Presiden Jair Bolsonaro meremehkan pandemi ini.

09 Aug 2020 12:03 WIB

Manajer Juventus Dipecat, Ronaldo Gak akan Pindah ke Klub Lain

Liga Italy

Meskipun Juve tersingkir dari Liga Champions

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...