Pimpinan Bulog bersama perwakilan Dinas Sosial dan Pendamping PKH menunjukkan beras yang didistribusikan pada KPM PKH (foto:Muh Hujaini/Ngopibareng.id)

Bulog Banyuwangi Salurkan 1.100 Ton Beras Bansos KPM PKH

15 Oct 2020 14:42

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Kantor Bulog Banyuwangi mendistribusikan 1.100 ton beras bantuan sosial untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) peserta Program Keluarga Harapan (PKH) tahap III, Kamis, 15 Oktober 2020.

"Bulan lalu sudah kita salurkan tahap I dan II. Sekarang ini penyaluran tahap III," kata Pimpinan Cabang Bulog Banyuwangi, Jusri Pakke.

Pendistribusian ini dilakukan dari gudang Bulog di Desa Lemahbang Kulon, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi.

Menurutnya, total sudah ada 2002 ton beras yang disalurkan untuk bantuan sosial KPM PKH ini. Pengiriman beras ini dilakukan jasa transportasi oleh pihak ketiga yang telah ditunjuk secara resmi.

"Kita melaksanakan pendistribusian pada saat pemerintah minta kepada Bulog melalui Kementerian Sosial," jelasnya.

Dia menjelaskan beras yang disalurkan sudah melalui quality control. Ada proses pengecekan dan perbaikan beras yang akan disalurkan. 

"Terus pada proses penyaluran kita cek (kondisi berasnya)," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan KB, Bambang Sungkono menyatakan, di Banyuwangi jumlah penerima KPM PKH tahap I sampai III sebanyak 66.796 Kepala Keluarga.

"Kriterianya, yang sudah masuk ke data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). Setiap KPM mendapatkan 15 kg," jelasnya.

Dia menyebut, untuk tahap I dan II memang disalurkan bersamaan yakni pada bulan September 2020. Sedangkan tahap III bulan Oktober. Karena lanjutnya, sesuai perintah dari Kementerian Sosial, tahap III harus selesai pada bulan Oktober 2020.

Untuk penentuan kualitas beras, menurutnya, sudah ditentukan dari kementerian Sosial.

"Penentuan jenis beras ini pada Surat Kementerian sudah disebutkan bahwa penerima KPM PKH ini berasnya medium," pungkasnya.