Edukasi SADARI dilakukan AHCC dan Can-Care Indonesia bersama Yayasan Kanker Indonesia (YKI) di CFD Darmo. (Foto: Pita/ngopibareng.id)

Bulan Kanker Payudara Internasional, AHCC Gelar Zumba dan Edukasi

Kesehatan 06 October 2019 13:41 WIB

Kanker masih dianggap penyakit yang mematikan. Bahkan, penyakit ini jadi momok yang menakutkan bagi si penderitanya. Untuk itu, cara deteksi dini dan upaya pencegahan selalu digaungkan untuk mencegah kanker.

Saat ini, kasus penderita kanker di Indonesia angkanya masih terus meningkat tiap tahunnya. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi di tahun 2030, Indonesia akan mengalami peningkatan jumlah pasien kanker payudara hingga 7 kali lipat.

Di bulan peduli Kanker Payudara Internasional (Breast Cancer Awareness), yang jatuh di bulan Oktober ini, Adi Husada Cancer Center (AHCC) dan Can-Care bersama Yayasan Kanker Indonesia (YKI) menggelar acara zumba dan edukasi seputar kanker payudara.

Acara bertema 'Deal with Pink', gelar di area Car Free Day (CFD) Jalan Darmo Surabaya, Minggu 6 Oktober 2019. Sejak pukul 06.00 WIB, para peserta sudah berkumpul untuk mengikuti pemanasan senam aerobik.

Selanjutnya, giliran instruktur zumba yang mengambil alih acara dengan mengajak 1.000 orang untuk berolahraga.

Selesai dengan kegiatan tersebut, AHCC menyisipi penyuluhan tentang bagaimana melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI).

Zumba digelar di CFD Bungkul untuk menarik atensi masyarakat Foto PitangopibarengidZumba digelar di CFD Bungkul untuk menarik atensi masyarakat. (Foto: Pita/ngopibareng.id)

Dr. Irawati Marga, MARS, QJA, CMA, Direktur Utama RS. Adi Husada Undaan mengatakan, acara ini bertujuan sebagai bentuk peringatan dan membangun kesadaran kanker payudara di seluruh dunia.

"Untuk menyebarkan kesadaran akan pentingnya deteksi dini sebagai pencegahan terhadap kanker payudara," ungkapnya.

Sementara, Virgie Keen, marketing Can-Care Indonesia menjelaskan, acara ini memang dilakukan di tempat terbuka untuk menarik atensi masyarakat.

"Untuk itu disela-sela aktivitas zumba juga diselingi dengan edukasi terkait edukasi deteksi dini dengan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) sebulan sekali. Hal ini dilakukan 7 sampai 10 hari setelah menstruasi," kata Virgie Keen.

Kemeriahan acara ini juga dilengkapi dengan parade model dari The Next Management yang tampil sambil membawa beberapa kampanye tentang kanker. Sehingga menambah semarak acara peringatan bulan kanker Internasional ini.

Penulis : Pita Sari

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Aug 2020 14:30 WIB

Webinar AHCC Dihadiri 500 Dokter dari Seluruh Indonesia

RS Adi Husada

Webinar AHCC, Dihadiri 500 Dokter Dari Seluruh Indonesia

26 Aug 2020 17:00 WIB

Ini Cara Deteksi Dini Kanker Kelenjar Getah Bening

RS Adi Husada

Cara deteksi dini kanker kelenjar getah bening.

20 Aug 2020 12:01 WIB

Vaksin HPV Mempengaruhi Kesuburan Wanita, Ini Penjelasannya

RS Adi Husada

Banyak perempuan yang khawatir karena informasi ini.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...