ilustrasi. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)
ilustrasi. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Februari, Pemprov Jatim Bakal Dapat 120 Ribu Vaksin Lagi

Ngopibareng.id Jawa Timur 14 January 2021 18:30 WIB

Pemerintah Provinsi Jawa Timur memastikan akan kembali mendapat sekitar 120 ribu vaksin virus corona atau Covid-19 buatan China dari Pemerintah Republik Indonesia, di Bulan Februari 2021 mendatang.

Ketua Rumpun Kuratif Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Timur, dokter Joni Wahyuhadi menyampaikan, vaksin yang akan datang tersebut tetap diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes) yang ada di Jawa Timur.

“Sekarang kan 77.760 dosis prioritas untuk Surabaya Raya dulu. Nah yang kedua nanti merata di seluruh daerah,” kata Joni ketika ditemui di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis 14 Januari 2021.

Ia mengatakan, memang untuk pendistribusian vaksin dilakukan bertahap karena menyesuaikan dengan kapasitas cold storage yang ada di tiap-tiap daerah. Apalagi, penyimpanan vaksin tidak bisa sembarangan. Harus disimpan di suhu 2-8 derajat Celsius. Selain itu apabila kapasitas berlebih akan membahayakan kualitas vaksin.

“Makanya pas di meja, vaksin harus ditunjukkan untuk melihat kualitas vaksin yang tampak dari perubahan warna atau kristalisasi. Kemudian jarum suntik harus steril,” jelas Direktur Utama RSUD Dr Soetomo Surabaya itu.

Terkait jumlah, Joni memastikan sudah dilakukan pendataan sesuai dengan jumlah nakes yang berada di masing-masing daerah. Yang pasti, harus memenuhi kriteria umur 18-59 tahun, kemudian tidak memiliki komorbid atau kalaupun ada, dalam kondisi yang terkendali, dan tidak pernah dinyatakan positif Covid-19.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Jan 2021 23:59 WIB

Melania Trump Tinggalkan Gedung Putih Jinjing Tas Rp 701,3 juta

Ngopitainment

Busana dan tas mewah koleksi Melania Trump.

21 Jan 2021 23:48 WIB

XL Axiata Implementasikan Zero Touch Operation

Ekonomi dan Bisnis

Upaya tunjang pelayanan prima

21 Jan 2021 23:37 WIB

Joe Biden Bersihkan Peninggalan Donald Trump di Ruang Kerja

Internasional

Ruang kerja Presiden Amerika Serikat, Kantor Oval atau Oval Office.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...