Lionel Messi (kiri) saat berdu dengan Cristiano Ronaldo. (foto: dokumentasi)
Lionel Messi (kiri) saat berdu dengan Cristiano Ronaldo. (foto: dokumentasi)

Bukti Ronaldo Lebih Tajam Timbang Messi

Ngopibareng.id Liga Spanyol 11 March 2018 10:00 WIB

Striker Real Madrid, Cristiano Ronaldo yang mendulang banyak pujian pada musim ini memang membuktikan bahwa dirinya jauh lebih subur ketimbang pemain Barcelona, Lionel Messi. Ini terbukti catatan gol yang diukir Ronaldo pada musim ini yang mencapai 33 gol.

Messi sendiri berada di bawah penampilan buruknya, meski sempat tampil gemilang begitu kompetisi dimulai. Namun saat kompetisi berjalan sudah masuk pertengahan performa Messi malah turun dan tidak menjadi mesin gol bagi Barcelona.

Sebaliknya, Ronaldo mampu membuktikan bahwa dia tetap mesin gol yang bisa diandalkan oleh Real Madrid. Dua golnya ke gawang Eibar membuatnya telah menorehkan 33 gol musim ini, lebih tajam satu gol dibandingkan Messi.

Menariknya, Ronaldo hanya butuh 34 pertandingan untuk mencetak 33 gol. Sementara itu, untuk membukukan 32 gol, Messi harus melewati 41 laga. Hal itu menunjukkan bahwa rataan gol Ronaldo juga jauh lebih baik dibandingkan Messi musim ini. Ronaldo mencatat 0,97 gol per pertandingan sedangkan Messi membukukan 0,78 gol per pertandingan.

Jumlah pertandingan Ronaldo yang lebih sedikit disebabkan dirinya beberapa kali absen di laga La Liga dan sama sekali tak pernah tampil di ajang Copa del Rey.

Ronaldo sendiri memang tengah menunjukkan grafik performa yang meningkat. Dalam lima laga terakhir di seluruh kompetisi, Ronaldo mampu menggelontorkan tujuh gol. Messi juga tampil produktif karena mampu menyarangkan lima gol dalam lima laga terakhir.

Messi sendiri tak bisa langsung menyalip perolehan gol Ronaldo di laga Barcelona lawan Eibar. Messi absen dan tak masuk skuat karena ia dan Antonella Roccuzzo baru saja dikaruniai anak ketiga.

Meski begitu, Messi masih memimpin daftar pencetak gol terbanyak La Liga dengan koleksi 24 gol, unggul enam gol dari Ronaldo. Sedangkan Ronaldo berjaya di Liga Champions dengan koleksi 12 gol, berjarak delapan gol dari Messi. (hrs)

Penulis : Haris Dwi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

27 Jan 2021 07:36 WIB

100 Ribu Jiwa Meninggal, PM Inggris Tanggung Jawab Covid-19

Internasional

Situasi pandemi di Inggris

27 Jan 2021 07:28 WIB

Suprawoto Ingin Orang Magetan dengan 'Bondo' Sepeda Bisa Kuliah

Tokoh

Suprawoto ingin bagaimana perguruan tinggi negeri bisa berdiri di Magetan.

27 Jan 2021 07:07 WIB

Gelar Baca Manaqib Sang Waliyullah, Ikhtiar Tolak Balak NU Jerman

Khazanah

Manaqib Syekh Abdul Qadir al-Jilany

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...