Plt Walikota Surabaya, Whisnu Sakti Buana ketika melihat layanan swab test drive thru NeoClinik. (Foto: Istimewa)
Plt Walikota Surabaya, Whisnu Sakti Buana ketika melihat layanan swab test drive thru NeoClinik. (Foto: Istimewa)

Baru, di Surabaya Ada Layanan Drive Thru Tes Covid-19

Ngopibareng.id Surabaya 17 January 2021 18:30 WIB

Pemerintah Kota Surabaya berupaya untuk melakukan testing Covid-19 lebih gencar lagi dengan melibatkan semua pihak. Hal ini dilakukan agar penyebaran Covid-19 di Kota Pahlawan bisa terkendali.

Terbaru, di Surabaya ada layanan drive thru tes Covid-19 yang dikelola NeoClinic di Jalan Mayjen Sungkono 153, Surabaya. Layanan ini resmi dibuka pada Minggu 17 Januari 2021.

Dalam pembukaan tersebut, Plt Walikota Surabaya Whisnu Sakti Buana menyampaikan, selama ini Pemkot Surabaya terus berupaya melakukan tracing dan testing untuk sesegera mungkin memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Surabaya. Bahkan, dilakukan dengan menggandeng TNI-Polri dengan membuat tim Covid Hunter.

Dengan kehadiran dari pihak swasta, ia berharap upaya testing bisa lebih gencar dilakukan. “Dari NeoClinic ini juga kita harapkan bisa mensupport apa yang telah dilakukan oleh Pemkot Surabaya,” kata dia.

Ia mengatakan, selama ini Pemkot Surabaya sudah melakukan swab test dengan metode real time polymerase chain reaction (RT PCR) sebanyak 400 ribu spesimen.

Oleh karena itu, ia memastikan bahwa layanan drive thru swab PCR/Antigen/Antibodi semacam ini akan sangat membantu warga. Sebab, apabila hasil tracingnya ternyata diketahui berasal dari keluarga menengah ke atas, maka nanti ke depannya bisa juga diarahkan untuk swab mandiri, salah satunya di tempat ini.

“Saya tadi juga sampaikan bahwa apabila di tempat ini ada jatah gratis, nanti kami bisa diinfo, supaya kami bisa arahkan bagi warga yang tidak mampu,” ujarnya.

Menurutnya, tracing dan testing itu sangat perlu dan penting untuk mengatasi pandemi ini. Sebab, jika sudah diketahui hasilnya, pasti bisa lebih mudah treatmentnya.

“Kalau kita tahu lebih dini bahwa mereka terkonfirmasi positif, tidak sampai terasa sakit, maka mungkin bisa dikarantina dulu di HAH (Hotel Asrama Haji), sehingga tidak perlu masuk rumah sakit dulu. Jadi, bagaimana pun juga, kita harus bersama-sama melawan Covid-19 ini,” tegasnya.

Sementara itu, Co-Founder NeoClinic Margaret Srijaya mengatakan, bahwa layanan drive thru tes ini menjadi salah satu solusi yang dibuat untuk meminimalisir kontak fisik, dan ini dipercaya lebih nyaman karena dapat melakukan pengambilan sampel tanpa harus datang ke rumah sakit atau laboratorium. Sebab, peserta swab tes bisa menggunakan kendaraan pribadinya untuk melakukan tes swab.

“Jadi petugas kami yang akan menghampiri peserta tes di dalam mobil dan melakukan swab, sehingga peserta tidak perlu harus keluar atau turun dari kendaraannya. Kemudian untuk hasilnya, akan dikirimkan melalui surat elektronik atau email di hari yang sama atau maksimal H+1,” kata Margaret.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk dapat mendukung dan memenuhi jumlah permintaan swab test yang terus meningkat, maka NeoClinic juga bekerjasama dengan Ralali.com dalam membuka fasilitas drive thru test Covid-19 dan home service.

Sedangkan waktu operasional pengujian dimulai dari pukul 08.00-15.00 WIB, setiap hari Senin-Sabtu, atau hari kerja.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Mar 2021 22:47 WIB

Gus Muid Kembali Dipilih Pimpin DPC PKB Kota Kediri

Politik

Muscab DPC PKB juga merekomendasikan Gus Muid maju Pilkada

07 Mar 2021 22:30 WIB

Quartararo Akui Kesulitan Pahami Motor M1

MotoGP

Quartararo berharap bisa lebih baik di latihan resmi kedua hari ini.

07 Mar 2021 22:01 WIB

Bamsoet Minta Owner Ferarri Promosikan Indonesia Saat Touring

Nasional

Saat touring bisa mendokumentasikan keindahan Indonesia di medsos.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...