Mural tentang Breonna Taylor. ([email protected])

Breonna Taylor Viral, Siapa Dia?

Tokoh 06 June 2020 16:10 WIB

Nama Breonna Taylor viral muncul di antara protes terhadap tindakan polisi terhadap George Floyd di Amerika Serikat. Seperti Floyd, Breonna meninggal di tangan aparat kepolisian dua bulan lalu.

Dilansir dari CNN, Breonna yang lahir pada 5 Juni, akan berusia 27 tahun bila tidak meninggal dua bulan lalu. Ia tewas diterjang delapan peluru aparat yang mendobrak masuk ke apartemennya, di Louisville, dengan tuduhan terkait narkoba.

Namun, awal bulan ini, keluarga Breonna mengajukan tuntutan hukum terkait salah tangkap, serta menyebut jika tuntutan polisi salah, penggunaan kekerasan berlebihan, dan ceroboh. Polisi juga tak memiliki surat penggeledahan ketika masuk ke apartemen Breonna dengan dalih mereka sedang razia, mengejar sosok yang disebut berkaitan dengan lingkatan pengedar narkoba, yang menerima paket di kediaman Breonna.

Pada 21 Mei, FBI mengumumkan jika mereka sedang membuka penyelidikan tentang kematiannya. Sementara tiga aparat yang terlibat dalam penembakan, kini dalam masa cuti administratif tanpa ada tuntutan kriminal.

Gerakan sosial dan protes untuk mengusut kematiannya muncul dan membesar mengikuti kasus tewasnya George Floyd. Pada 26 Mei, keluarga dan rekan Breonna protes di depan rumah Walikota Louisville, Greg Fischer, dan menuntut agar polisi pembunuh Breonna ditangkap.

Selain itu, petisi online yang menuntut keadilan bagi Breonna juga mendapat dukungan dari sejumlah artis, seperti penyanyi Janelle Monae dan Bernice King. petisi saat ini ditandangani oleh 3,5 juta orang.

Tanda pagar #BirthdayForBreonna menjadi viral mengikuti munculnya gerakan dukungan keadilan pada perempuan keturunan Afrika itu. Mulai dari dukungan dalam bentuk petisi, donasi pada yayasan keluarga Breonna Taylor, serta mengirim kartu ulang tahun kepada kantor kejaksaan di Kentucky, dan meminta agar polisi dituntut di depan hukum.

Kini banyak gerakan protes lahir untuk menolak lupa tentang berbagai kekerasan dan ketidakadilan yang dialami oleh warga keturunan Afrika di Amerika Serikat, sebelum tewasnya George Floyd, salah satunya Breonna Taylor.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jul 2020 11:55 WIB

Anies Baswedan Ganti Nama CFD Jadi Kawasan Pesepeda

Nasional

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan  mengganti istilah car free day (CFD).

05 Jul 2020 11:45 WIB

UTBK Hari Pertama, Doa Belajar Hingga Tips Jawab Soal Trending

Reportase

UTBK hari pertama, doa belajar pun jadi populer.

05 Jul 2020 11:40 WIB

Viral, Maudy Ayunda Berantem dengan Pacar Saat Live Instagram

Gosip Artis

Maudy berdebat dengan pria yang diduga pacar barunya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...