Bintang Argentina, Lautaro Martinez dan penyerang andalan Brasil, Roberto Firmino Firmino akan adu tajam di laga semifinal Copa America 2019.

Brasil versus Argentina, Siapa Layak Keluar Sebagai Pemenang?

Dunia 29 June 2019 11:14 WIB

Salah satu dari dua partai semifinal Copa America 2019 akan mempertemukan dua tim unggulan, Brasil dengan Argentina. Duel ini diprediksi bakal berlangsung sengit lantaran kedua tim memiliki sejarah panjang sebagai tim yang memiliki tradisi kuat di kancah sepak bola dunia.

Brasil memegang status sebagai tim paling tersohor di Amerika Selatan dengan koleksi lima gelar juara Piala Dunia. Namun di Copa America, Brasil masih kalah jauh dibanding Argentina yang mencatatkan sebagai tim kedua terbanyak menjuarai turnamen ini dengan 14 trofi.

Tim Tango hanya kalah satu trofi dari Uruguay yang sudah mengemas 15 kali juara. Sementara Brasil sendiri tercatat sebagai tim ketiga yang memiliki koleksi trofi Copa America terbanyak (8).

Hanya saja, Brasil memiliki tradisi bagus ketika mereka menjadi tuan rumah turnamen tersebut. Dari empat kali ajang ini digelar di kandang Selecao, belum sekali pun mereka gagal juara.

Terakhir kali mereka juara Copa America saat menjadi tuan rumah terjadi pada 1989. Setelah itu, mereka empat kali menjuarainya di luar kandang (1997, 1999, 2004, 2007). Sementara Argentina sudah cukup lama tak merasakan gelar Copa America. Terakhir, mereka mengangkat trofi Copa America pada tahun 1993 di Ekuador.

Dalam dua edisi terakhir Copa America (2015 dan 2016), Argentina nyaris meraih gelar. Sayang, dalam dua kali final, mereka harus mengakui keunggulan Chili dengan cara yang sama, kalah dalam drama adu penalti.

Brasil boleh kalah dalam jumlah koleksi gelar. Namun untuk rekor pertemuan, mereka lebih layak menepuk dada, setidaknya untuk lima pertemuan terakhir. Dari lima laga antara kedua tim, Brasil menang tiga kali, termasuk di pertandingan terakhir di laga persahabatan yang berlangsung pada 17 Oktober 2018 di Jeddah, Arab Saudi. Sementara Argentina hanya menang sekali, dan sisanya seri.

Namun, sepak bola bukan matematika. Apalagi banyak tren kejutan yang terjadi selama gelaran Copa berlangsung. Apa pun bisa terjadi, meski Brasil tetap layak difavoritkan memenangi pertandingan ini karena statusnya sebagai tuan rumah.

Dalam perjalanannya ke semifinal, performa Brasil juga lebih meyakinkan dibanding Argentina. Meski pada laga terakhir di babak perempat final, Brasil harus bersusah payah mengalahkan Paraguay lewat drama adu penalti. Sedangkan Tim Tango menang langsung 2-0 dari Venezuela.

 

Lantas siapa yang akan memenangkan pertandingan big match ini? Mari kita tunggu di hari pertandingan ini berlangsung.       

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Jul 2019 04:16 WIB

Babak I: Brasil Sementara Ungguli Peru

Dunia

Gol Gabriel Jesus di menit 45' membuat Brasil sementara unggul

07 Jul 2019 11:10 WIB

Prediksi Brasil vs Peru: Waspadai Peru yang Berbeda

Dunia

Brasil tak akan menang mudah lagi

04 Jul 2019 15:58 WIB

Apakah Kejutan Peru Berlanjut di Laga Final?

Dunia

Dua kali Peru tak diunggulkan, dua kali pula mereka menang

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...