MotoGP Catalunya 2019Bradley Smith Dihukum Mundur Tiga Grid

17 Jun 2019 05:29 MotoGP

Test rider Aprilia, Bradley Smith, mendapat hukuman mundur tiga grid dari otoritas MotoGP setelah menyebabkan kecelakaan yang melukai rekan setimnya, Aleix Espargaro. Insiden ini merupakan kecelakaan pertama yang terjadi di putaran awal MotoGP Catalunya, atau sebelum tabrakan karambol berikutnya yang disebabkan oleh Jorge Lorenzo.

Usai kecelakaan tersebut, Espargaro memang tampak bisa berdiri dan membawa motornya masuk ke pit-lane. Namun ia harus dibantu tim mekaniknya untuk turun dari motor dan kemudian dibawa ke pusat medis. Ia tak mampu menggerakkan lututnya dengan normal akibat kecelakaan tersebut.

Diketahui dari akun twitter pribadinya, Espargaro mengalami pembengkakan pada lutut kirinya. Dan dijadwalkan bakal menjalani pemeriksaan lanjutan pada Senin, 17 Juni 2019.  

Akhir yang mengecewakan bagi Espargaro lantaran insiden ini menimpanya ketia balapan berlangsung di kandang sendiri.

Lebih ironis, jika Espargaro dinyatakan tidak bisa tampil di MotoGP Assen akibat kecelakaan tersebut, Smith akan menggantikan tempatnya. Namun Smith tetap akan menjalani hukuman mundur tiga grid akibat kesalahannya.

“Aku turut berduka atas apa yang terjadi hari ini, terlebih karena Aleix terlibat," kata Smith seperti dikutip dari Crash. 

"Sayangnya, di bagian pengereman situasinya agak kacau, seperti yang sering terjadi pada putaran pertama. Saya berharap dia akan pulih dengan cepat. Saat ini, kita perlu bekerja dengan potensi penuh kita untuk mengembangkan RS-GP."

Agak tak terhindarkan, bos tim Aprilia, Massimo Rivoli, mengatakan, “Episode ini seharusnya tidak terjadi”.

 

"Ini tidak diragukan lagi waktu yang sulit bagi kami dan cedera Aleix adalah masalah yang paling mendesak saat ini. Dia adalah pilar pendukung tim kami dan kami berharap melihatnya kembali di pelana sesegera mungkin. Yang lebih mengecewakan adalah kenyataan bahwa Bradley-lah yang menyebabkan kecelakaan itu, yang sedang mengerjakan pengembangan sepeda motor. Episode-episode ini seharusnya tidak terjadi," ujar Rivoli dengan nada kecewa.