Para pemain Manchester City saat merayakan gol kemenangan atas Arsenal di Emirates Stadium. (Foto: Twitter/@ManCity)

Brace De Bryune Antar The Citizen Lumat Arsenal Tiga Gol

Liga Inggris 16 December 2019 03:26 WIB

Manchester City berhasil mempermalukan Arsenal dengan skor 3-0 dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris pekan ke-17 di Stadion Emirates, Minggu 15 Desember 2019. Bermain di depan publik sendiri, Arsenal tak mampu meladeni permainan cantik anak asuh Pep Guardiola.

Tiga gol City dicetak oleh Kevin De Bruyne dengan dua gol dan sisanya dari kaki Raheem Sterling.

Bermain di drumah sendiri, Arsenal langsung menancapkan gas dengan bermain menyerang. Laga belum berjalan satu menit, Arsenal langsung menggebrak melalui Gabriel Martinelli. Menggiring bola melewati hadangan dua pemain belakang The Citizens, Martinelli langsung melepaskan tembakan dari sudut sempit, namun bola masih bisa dipeluk oleh Ederson Moraes.

City pun langsung bereaksi. Di menit ke-2 pasukan Guardiola langsung membuka keunggulan melalui gol yang dicetak oleh Kevin de Bruyne. Gabriel Jesus berhasil melepaskan umpan tarik yang langsung disambar oleh De Bruyne dalam posisi tak terkawal. Sepakannya gagal diantisipasi oleh kiper Arsenal. 1-0 Manchester City unggul.

Manchester City kembali berhasil mencetak gol. Gol kedua mereka berasal dari kaki Sterling menit ke-15. Lewat serangan balik cepat, Kevin de Bruyne menggiring bola di sisi kiri, kemudian memberikan umpan silang mendatar yang berhasil diselesaikan dengan cantik oleh mantan pemain Liverpool tersebut. Skor 2-0 The Citizen memimpin.

Meski tertinggal, Arsenal tetap mendominasi penguasaan bola. Solidnya lini pertahanan Manchester City membuat setiap serangan yang dibangun oleh tuan rumah tak mampu menembus kotak penalti City.

Fokus melancarkan serangan, Arsenal lupa dengan pertahanan mereka. Lagi-lagi Mesut Ozil dkk harus pasrah dibobol oleh City. Gol ketiga City kembali dicetak oleh de Bruyne. Pemain asal Belgia itu berhasil melepaskan tembakan dari luar kotak penalti ke sudut bawah gawang yang tak bisa dijangkau oleh Bernd Leno.

Kevin de Bruyne hampir saja mencetak hat-trick pada menit ke-42, andai tendangannya dari jarak jauh tidak membentur mistar gawang Arsenal setelah sebelumnya sempat ditepis oleh Leno. Skor 3-0 bertahan untuk keunggulan Manchester City bertahan hingga turun minum.

Tertinggal tiga gol, Arsenal langsung melakukan serangan. Nicolas Pepe sempat memberikan ancaman ke pertahanan Manchester City setelah melepaskan umpan silang dari sisi kanan yang langsung disambar oleh Pierre-Emerick Aubameyang, sayang bola sundulan Auba belum tepat sasaran.

Peluang emas kembali didapatkan oleh Manchester City. Gabriel Jesus yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan Leno gagal menggetarkan jala gawang Arsenal setelah tembakannya mampu ditahan oleh kiper The Gunners.

Arsenal terus mencoba mencari gol untuk memperkecil ketinggalan. Aubameyang menerima umpan dari Guendouzi kemudian melepaskan tembakan dari jarak dekat, namun arah bola masih melebar dari gawang The Citizens.

Memasuki akhir pertandingan, kiper Arsenal melakukan penyelamatan gemilang dengan menangkap bola hasil tendangan Riyadh Mahrez setelah memanfaatkan umpan terobosan dari Sterling.

Hingga peluit panjang dibunyikan, tidak ada gol tambahan yang tercipta baik untuk Manchester City maupun Arsenal. The Gunner harus mengakui keunggulan tim tamu di depan pendukung sendiri.

Dengan kemenangan atas Arsenal ini, Manchester City semakin mantap berada di posisi ketiga klasemen dengan raihan 35 poin. Sedangkan Arsenal harus terdampar ke posisi sembilan dengan mengoleksi 22 poin.

Susunan Pemain:

ARSENAL: Bernd Leno, Sead Kolasinac, Calum Chambers, Sokratis Papastathopoulos, Ainsley Maitland-Niles, Lucas Torreira, Matteo Guendouzi, Gabriel Martinelli, Mesut Ozil, Nicolas Pepe, Pierre-Emerick Aubameyang.

MANCHESTER CITY: Ederson Moraes, Benjamin Mendy, Nicolas Otamendi, Fernandinho, Kyle Walker, Phil Foden, Rodri Hernandez, Ilkay Gundogan, Raheem Sterling, Gabriel Jesus, Kevin de Bruyne.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Aug 2020 18:55 WIB

Artis Minta Maaf dan Unjuk Rasa Bikin Omnibus Law Viral

Reportase

Aksi menolak RUU Cipta Kerja pecah di berbagai daerah.

14 Aug 2020 18:38 WIB

Beberapa Mantan Pemain Persebaya Merapat ke Eri Cahyadi?

Pilkada

Tindakan mereka diprotes keras Bonek Mania.

14 Aug 2020 18:15 WIB

Jateng Peduli Sesama, Tema HUT RI Pilihan Ganjar Pranowo

Nusantara

Tema dikaitkan dengan pandemi Corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...