Puluhan Pohon Tumbang, Begini Langkah Pemkab Lamongan

15 Jan 2019 23:46 Jawa Timur

Bencana puting beliung di beberapa desa di Kecamatan Glagah dan Karangbinangun, Kabupaten Lamongan cukup menyita perhatian. Berbagai bantuan kemanusiaan telah didistribusikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan ke korban bencana tersebut.

"Bantuan kemanusiaan telah dikirimkan ke daerah yang tertimpa puting beliung. Baik paket sembako, selimut, sandang dan matras," kata Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan Muslimin kepada ngopibareng.id, Selasa 15 Januari 2019.

Muslimin tidak menyebutkan secara rinci berapa jumlah bantuan kemanusiaan tersebut. Hanya bantuan diberikan sesuai dengan hasil pendataan di lapangan dan yang paling dibutuhkan korban bencana.

Selain memberikan bantuan barang, petugas BPBD juga langsung terjun di lokasi bencana membantu membersihkan lokasi yang masih porak-poranda paska di sapu puting beliung, Sabtu 12 Januari 2019.

Menurut Muslimin petugas BPBD selama tiga hari fokus pada pemotongan pohon-pohon yang tumbang ditengah jalan. Akibat terjangan puting beliung puluhan pohon besar tumbang dan melintang di jalan raya sehingga menutup akses jalan raya antar desa.

Enam orang petugas BPBD dibantu warga menggunakan gergaji mesin memotong pohon yang melintang di jalan raya.

"Setelah pohon yang tumbang bisa disingkirkan tentunya kondisi jalan normal kembali dan mobilitas warga lancar, " ungkap Muslimin.

Seperti diketahui bencana puting beliung kembali melanda Kabupaten Lamongan. Terdapat empat desa yang tersapu puting beliung yaitu Desa Margo Anyar dan Desa Glagah di Kecamatan Glagah dan Desa Priyoso dan Desa Kuro di Kecamatan Karangbinangun.

Akibat terjangan puting beliung puluhan rumah warga rusak parah. Selain itu puting beliung juga merobohkan puluhan pohon besar di sepanjang jalan raya antar desa yang menjadikan mobilitas warga terganggu.(tok)


Reporter/Penulis : Totok Martono
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini