Borobudur Marathon Bikin Masyarakat Ikut Antusias dan Sumringah

17 Nov 2018 07:50 Event

Borobudur Marathon 17 -18 November, membuat masyarakat Magelang antusias menyambutnya. Apalagi even ini berkelas internasional.

Bahkan sejumlah warga sudah siap-siap buka lapak minuman di sepanjang jalan yang bakal menjadi lintasan Borobudur Marathon ini.

Tak hanya pedagang yang menyiapkan lapak minuman dan cemilan untuk pengunjung dan penonton lomba, dari warga setempat bahkan tak sedikit yang menyediakan minuman gratis buat peserta.

Tahun lalu, warga yang berada di kawasan lintasan lari marathon ini juga melakukan hal yang sama.

Bahkan, warga juga ikut terlibat pada pelaksanaan Borobudur Friendship Run, yang akan digelar di area Candi Pawon Desa Wanurejo.

Sementara itu peserta Borobudur Marathon 2018 sudah mulai mendatangi Mal Armada Town Square, Magelang, untuk pengambilan race pack yang sudah digelar sejak Kamis 15 November bersamaan dengan Borobudur Marathon 2018 Expo.

 

Begitu masuk pintu utama Mal Artos, terdapat sejumlah booth. Peserta Friendship Run yang akan diselenggarakan Sabtu 17 November dapat mengambil race pack di salah satu booth yang tersedia.

Sedangkan peserta Borobudur Marathon 2018 yang akan berlangsung Minggu 18 Novber bisa mengambil race packnya di lantai 1 atau dua tingkat dari lantai dasar dengan menunjukan bukti peserta.

 

Dikatakan Ketua Panitia Borobudur Marathon 2018, Lukminto Wibowo acara tersebut bertujuan sebagai sport tourism, yang berkelas dan berkualitas internasional.

"Karen ini acara marathon dan berwisata di Candi Borobudur, sekaligus menjadi lokasi helatan acara ini, maka acara ini merupakan acara sport tourism, sehingga ini juga mendukung program 10 destinasi pariwisata nasional dari Kemenpar," katanya.

 

Selain itu, Borobudur Marathon 2018 yang berlangsung untuk kali ke tujuh ini, juga diharapkan bisa menjadi salah satu gerakan sadar berwisata di kalangan masyarakat luas.

 

Lukminto juga mengungkapkan bahwa untuk kuota peserta Borobudur Marathon 2018 sudah terisi penuh. Sehingga pihak panitia pun sudah menutup pendaftaran peserta di helatan tersebut.

 

Lebih jauh Lukminto mengatakan Borobudur Marathon 2018, terdiri dari tiga kategori, yakni Marathon 42 Km, Half Marathon 21 Km, dan 10 K.

Sementara itu dari sisi pariwisata Borobudur Marathon 2018 merupakan kegiatan yang bisa menjadi ajang promo wisata dengan cakupan internasional. Banyaknya pelari dunia yang terlibat diharapkan memberi efek pada peningkatan kunjungan wisman ke Borobudur.

Kementerian Pariwisata sendiri mendorong kunjungan wisatawan mancanegara ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada tahun 2019 dengan target mencapai 2 juta orang. Sedangkan untuk tahun 2018 ini menurut data pemprov Jawa Tengah sudah hampir tembus 1 juta wisman. (*)

Penulis : Pesona Indonesia
Editor : Widi Kamidi


Bagikan artikel ini