Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainuddin Amali, saat diwawancarai di Hotel Atria, Kota Malang (Foto: Theo/ngopibareng.id)

Bonus Atlet SEA Games Diserahkan Malam ini, Besaran Naik

Atletik 12 December 2019 11:10 WIB

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali, tengah menyiapkan bonus bagi para atlet yang berkompetisi di ajang SEA Games 2019. Zainuddin masih merahasiakan besaran bonus tersebut. Namun ia menegaskan bahwa bonus yang akan diberikan besarannya naik dibanding rencana semula.

"Untuk besarannya (bonus) belum ya. Malam ini (Rabu 11 Desember 2019, kemarin) kami akan koordinasi dengan Menteri Keuangan. Semoga besok (Kamis 12 Desember 2019) sudah selesai," tuturnya pada Rabu 11 Desember 2019 di Hotel Atria, Kota Malang.

Untuk diketahui bahwa penyerahan bonus bagi para atlet SEA Games 2019 akan diserahkan pada hari ini, Kamis 12 Desember 2019, malam, di Hotel Sahid, Jakarta.

Peningkatan besaran bonus tersebut, kata Zainuddin, merupakan instruksi dari Presiden Joko Widodo secara langsung kepada dirinya. Ia menjelaskan, hal itu dilakukan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja dari para pelatih dan atlet yang telah menyumbangkan 72 medali emas yang melampaui target awal, yaitu 60 medali emas.

"Perintah dari Pak Presiden jangan sampai menunggu keringat dari atlet kita itu kering, baru dikasih bonus. Besaran bonusnya itu tunggu besok ya (hari ini), karena ini meleset, meleset ke atas (ke posisi runner-up)," tutupnya. Indonesia sendiri akhirnya berada di urutan keempat setelah jeblok di cabor atletik yang gagal memenuhi ekspektasi.

Bonus dari KONI Jatim 

Seperti diberitakan Ngopibareng.id sebelumnya, peraih medali di SEA Games Filipina 2019, atlet asal Jawa Timur juga akan mendapatkan bonus dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim. Saat ini, bonus tersebut masih dalam pengajuan.

 

Ketua Harian KONI Jawa Timur, M. Nabil mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan pengajuan kepada Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa supaya dapat memberikan bonus kepada atlet yang sukses meraih medali di SEA Games 2019 Filipina.

"Untuk bonus sedang kami ajukan ke Ibu Gubernur. Istilahnya kita ingin memberikan tali asih kepada para atlet yang telah berjuang di SEA Games," kata Nabil saat dikonfirmasi Ngopibareng.id, Selasa 10 Desember 2019.

Selain menyiapkan bonus, KONI Jatim juga tengah merumuskan proses penyambutan kedatangan atlet yang telah berjuang membela negara di SEA Games Filipina.

"Mengenai penyambutan atlet kami sedang berkomunikasi dengan ibu Gubernur, rencananya seperti apa. Intinya akan kita undang seluruh atlet dari Jatim baik pelatih peraih medali dan tidak," imbuh Nabil.

Sementara itu, Nabil juga menegaskan, bahwa penyambutan atlet tidak dilakukan secara satu persatu. Karena itu menurutnya cukup merepotkan, apalagi kedatangan atlet asal Jatim juga tidak mungkin bersamaan.

Seperti diketahui, Jatim mengirimkan 120 atlet dan 29 pelatih dari seluruh cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di SEA Games Filipina. Namun hingga saat ini ada 14 atlet peraih medali emas asal Jawa Timur.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2020 15:39 WIB

Masyarakat Jateng Butuh Banyak Rusun dan Kondominium

Nusantara

Gubernur Jateng minta REI perbanyak Rusun dan Kondominium.

28 Feb 2020 15:04 WIB

Dua Kali Terciduk Narkoba, Vitalia Sesha Cuma Bisa Minta Maaf

Gosip Artis

Tak ada yang bisa dilakukan Vitalia Sesha kecuali menyesal.

28 Feb 2020 14:44 WIB

Fakta Trianeta Henuk, Finalis The Voice yang Tendang Ibu Kandung

Hukum

Heboh peserta The Voice asal Kupang menganiaya ibunya sendiri.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.