Suasana sekitar Wonorejo Asri XII, Surabaya. (Foto: Farid/ngopibareng.id)

Serangan Bom Gereja di SurabayaBom yang Ditemukan di Rumah Pelaku Identik dengan Lokasi Kejadian

13 May 2018 20:56

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Rudi Setiawan menyatakan, dalam rumah terduga teroris Dita Suprianto polisi menemukan tiga kotak plastik yang masing-masing kotak plastik berisi 2 buah bom pipa (pipe bomb).

Selain menemukan tiga kotak plastik yang berisi bom pipa, kata Rudi polisi juga menemukan bahan-bahan lain yang bisa digunakan untuk merakit bom antara lain yaitu, styrofoam yang bisa menambah besar kobaran api, kemudian ada juga HCL, aquades, black powder korek api kayu.

“Dari bom yang sudah ditemukan dan bahan-bahan yang ada di di dalam rumah, polisi menyimpulkan jika bom ini jenis triacetone triperoxide (TATP), dan ini identik dengan yang ada di lokasi kejadian,” kata Kombes Rudi Setiawan.

Selain menemukan bom pipa dan dan beberapa bahan yang bisa digunakan untuk pembuatan bom, Rudi juga mengamati jika kondisi dalam rumah dalam keadaan berantakan. Selain mengamati kondisi rumah dalam kondisi berantakan, Rudi juga mengamati jika di bagian belakang rumah ditemukan busur panah dan papan panah.

“Diduga pelaku juga sering berlatih panah di belakang rumahnya ini,” kata Rudi.