Salah satu laga di Piala Gubernur Jatim. (Foto: Dok/Ngopibareng.id)

Bola Kemarin, Arema dan Persija ke Semifinal Piala Gubernur

Liga Indonesia 14 February 2020 07:02 WIB

Piala Gubernur Jatim 2020 terus bergulir. Pada Kamis 13 Februari 2020, kemarin, Persija dan Arema FC sama-sama melaju ke semifinal.

Persija ke Final

Persija Jakarta sukses mengantongi satu tiket ke babak semifinal Piala Gubernur Jatim 2020, pasca mengalahkan tim asal Malaysia, Sabah FA dengan skor 2-0 di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada Kamis 13 Februari 2020.

Dua gol Persija Jakarta masing-masing dicetak oleh Marko Simic di menit ke-35 dan Rohid Chand di menit ke-52.

Sejak awal pertandingan tim Macan Kemayoran tampil menggebrak. Terbukti di menit ke-33, pemain Persija Jakarta, Alfath Faathier mendapatkan peluang, dari servis bola mati, namun sayang sepakannya masih dapat ditepis kiper Sabah FA, Azraie Wan.

Tak lama berselang, tepatnya di menit ke-35, wasit memberikan hadiah titik putih kepada Persija Jakarta setelah bola mengenai tangan bek Sabah FA. Marko Simic yang ditunjuk menjadi algojo titik putih tidak membuang kesempatan untuk mengkonversikannya menjadi gol. Skor 1-0 untuk keunggulan Persija Jakarta.

Skor untuk keunggulan tim Macan Kemayoran tersebut bertahan hingga jeda turun minum babak kedua.

Memasuki babak kedua, tim mencoba untuk bermain lebih terbuka. Jual-beli serangan disajikan kedua tim di lapangan pertandingan.

Pada menit ke-52, Persija Jakarta mampu menggandakan keunggulannya. Berawal dari aksi individu Simic dari sisi kanan pertahanan Sabah FA. Pemain asal Kroasia tersebut mampu mengelabui barisan pertahanan lawan lalu mengirim umpan ke Rohid Chand.

Lepas dari pengawalan pemain bertahan Sabah FA, Rohid Chan melepaskan sepakan kerasnya sehingga merobek jala gawang, Azraie Wan. Skor 2-0 untuk keunggulan Persija Jakarta.

Meski unggul, tim Macan Kemayoran tidak mengendurkan serangan. Menit ke-84, Simic memperoleh peluang di depan gawang dan berhadapan dengan penjaga gawang Sabah FA. Namun, tendangan striker asal Kroasia tersebut masih melambung di atas mistar gawang.

Hingga peluit panjang ditiup oleh wasit, skor 2-0 untuk kemenangan Persija Jakarta atas Sabah FA bertahan sampai berakhirnya pertandingan.

Dengan hasil ini Persija Jakarta semakin kokoh di puncak klasemen sementara Grup B Piala Gubernur Jatim 2020 dengan mengoleksi enam poin.

Arema Hajar Persela

Arema FC dipastikan mendampingi Persija Jakarta ke babak semifinal Piala Gubernur Jatim 2020 setelah menghajar Persela Lamongan dengan skor 3-1. Tiga gol Arema FC masing-masing dicetak oleh Kushedo Hari Yudo di menit ke-22, Jonathan Baumann di menit ke-51 dan Elias Alderte di menit ke-76. Sedangkan satu gol balasan dari Persela Lamongan dicetak oleh Rafinha di menit ke-48.

Sejak awal laga pertandingan berjalan dengan sengit. Kedua tim silih berganti bertukar serangan. Namun di menit ke-7 Arema FC lebih dulu mengancam melalui Kusheda Hari Yudo.

Namun sayang, sepakan dari mantan pemain PSS Sleman itu masih bisa diantisipasi oleh penjaga gawang Persela Lamongan.

Terus menekan lini pertahanan Persela Lamongan, usaha pemain berbuah hasil di menit ke-22. Yudo berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Lolos dari jebakan offside Yudo berlari menggiring bola ke gawang Persela. Sepakan kerasnya berhasil diantisipasi kiper. Namun, Yudo tak menyia-nyiakan bola rebound dan mengubahnya menjadi gol. Skor 1-0 untuk keunggulan Arema FC.

Persela Lamongan berusaha mencoba untuk menyamakan kedudukan, namun sampai jeda turun minum, upaya itu tak membuahkan hasil.

Memasuki babak kedua, Persela Lamongan bermain ngotot untuk menyamakan kedudukan. Hasil itu berbuah hasil di menit ke-48, setelah Rafael Gomes de Oliviera berhasil memaksimalkan servis sepak pojok.

Umpan sepak pojok ditanduk dengan tajam oleh Oliviera tanpa mampu dihalau penjaga gawang, Teguh Amiruddin. Skor sama kuat 1-1 untuk kedua tim.

Tak ingin malu di hadapan ribuan Aremania yang hadir, tim asuhan Mario Gomez, terus memburu gol untuk meraih keunggulan.

Selang beberapa menit, tepatnya di menit ke-51, Jonathan Baumann mampu membuat Arema FC unggul setelah memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Dave Mustaine. Skor 2-1 untuk keunggulan tim Singo Edan.

Ketinggalan satu gol, Persela Lamongan berupaya memburu gol, untuk menjaga asa lolos menuju babak semifinal Piala Gubernur Jatim.

Keasyikan menyerang, Persela Lamongan malah kecolongan. Arema FC berhasil memperbesar keunggulan di menit ke-76 melalui gol Elias Alderte. Skor 3-1 untuk keunggulan Arema FC bertahan sampai peluit panjang ditiup oleh wasit.

Dengan hasil ini Arema FC lolos ke babak semifinal bersama dengan Persija Jakarta. Arema FC sendiri berada di posisi kedua, kalah jumlah selisih gol dengan tim Macan Kemayoran.

Kedua tim dijadwalkan bertanding pada Sabtu 15 Januari 2020, dalam laga lanjutan Piala Gubernur Jatim, di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Mar 2020 04:23 WIB

Tolak Monopoli Informasi Status Covid-19, AJI Sebarkan Petisi

Nasional

AJI galang dukungan transparansi informasi status covid-19.

30 Mar 2020 03:59 WIB

Banyuwangi Laporkan Kasus Pertama Infeksi Covid-19

Jawa Timur

Banyuwangi Umumkan Satu Pasien Positif Covid-19.

30 Mar 2020 02:15 WIB

Survei Sebut Prabowo Kinerjanya Paling Baik

Nasional

Lembaga survei Charta Politika  mempublikasikan hasil survei kinerja

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.