Tyson Fury. (Foto: Dailystar/Reuters)

Bob Arum Sebut Tyson Fury Lebih Baik dari Muhammad Ali

Lain-lain 05 May 2020 01:41 WIB

Promotor asal Inggris, Bob Arum meyakini Tyson Fury akan menyulitkan Muhammad Ali bila mereka hidup dalam masa yang sama.

Pasalnya, Arum melihat perbedaan mencolok antara Ali dengan Fury, terutama dari segi postur. Meski Fury memiliki ukuran tubuh jauh lebih besar ketimbang Ali, petinju asal Inggris itu menurutnya tidak kalah bagus.

Arum menyebut Fury tak hanya tinggi besar, tapi langkah kakinya juga cepat. Sehingga, kendati Ali memiliki gaya tinju yang bagus dengan ketahanan fisik yang bagus pula, ia tak yakin Ali bisa bertahan jika menghadapi juara kelas berat versi WBC tersebut.

Promotor tinju ternama ini cukup kompeten berbicara tentang hal itu. Karena promotor inilah yang mempromosikan Ali di tahun 1966. Arum membawa Ali ke Highbury saat mengalahkan Henry Cooper dalam pertandingan ulang.

Sang promotor juga yang berperan besar menjadikan George Foreman kembali naik ring setelah 10 tahun absen. Ia tahu persis bagaimana Foreman menjadi juara kelas berat tertua di usia 45 tahun.

Kini, Arum pula yang menjadi promotor bagi pertarungan Fury lawan Deontay Wilder kedua yang dimenangi petinju berjulukan Gipsy King tersebut. Sehingga saat ia membuat perbandingan antara Fury dengan Ali, ia bisa mengatakan Fury memiliki sesuatu yang lebih baik ketimbang Ali maupun Foreman.

"Saya melihat Ali, saya melihat Foreman ketika dia memenangkan gelar saat dia berusia 45 tahun. Saya melihat Fury," kata Arum kepada Sky Sport seperti dikutip dari Mirror.

"Ali pada tiga setengah tahun pertama setelah promosi, benar-benar hebat. Tidak ada yang bisa menyentuhnya, dia begitu cepat."

"Ali 6 kaki 3 inci, dan orang-orang yang dia lawan kira-kira seukuran dengannya. Bagaimana dia melawan seorang 6 kaki 9 inci yang luar biasa dengan gerak kaki yang bagus?" tanya Arum.

Arum mengibaratkan pemain basket dahulu yang memiliki ukuran tubuh 5 kaki 10 inci, dengan pemain sekarang yang mempunyai postur seperti LeBron James dengan ukuran 6 kaki 10 inci.

"Sekarang LeBron James sama cepatnya dengan penjaga mana pun, tetapi ia 6 kaki 10 inci. Bayangkan LeBron bermain melawan orang-orang kecil di zaman saya. Ini akan menjadi lelucon, ia akan mencetak 60 poin setiap pertandingan."

"Aku tidak bisa melihat Ali berkompetisi dengan seorang pria dengan ukuran 6 kaki 9 inci seperti Fury. Kami memiliki orang-orang besar di masa lalu, tetapi mereka lambat, tidak seperti Fury yang cepat."

"Mereka adalah lelucon yang tidak bisa bertarung, mereka hanya besar. Tapi sekarang semuanya berubah. Lihatlah Fury, Anthony Joshua, Deontay Wilder. Mereka adalah orang-orang besar (tapi memiliki kecepatan gerak)."

Namun bagi Arum, perbandingan antara Fury dengan Ali di masa lalu tidak relevan. Karena jika Ali lahir di masa yang sama dengan mendapatkan gizi seperti generasi Fury, Arum meyakini tinggi badan Ali tak akan jauh berbeda dengan Fury.  

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Jul 2020 15:20 WIB

Pemkot Surabaya Gelar Operasi Patuh Masker

Surabaya

Bagi warga yang tidak pakai masker akan disanksi penyitaan KTP.

09 Jul 2020 15:10 WIB

Driver Protect, Ojol Surabaya yang Berprotokol Kesehatan Covid-19

Feature

Driver protect hanya menjemput di zona merah

09 Jul 2020 15:00 WIB

Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Lumbung Pangan Nasional

Pemerintahan

Lumbung pangan itu berada di desa Bentuk Jaya kecamatan Dadahup, Kapuas.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...