Ilustrasi mata uang dolar Amerika Serikat. (Foto: Unsplash.com)

BNI New York Masuk Jadi Anggota Fedwire

BNI Peduli 03 August 2020 11:40 WIB
Bank BNI

Bank BNI Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) New York kini terdaftar sebagai anggota Fedwire atau fasilitas kliring lokal di bank sentral setempat sejak dua tahun terakhir. Prestasi ini memudahkan BNI memperkuat pembiayaan dengan denominasi dolar.

Pemimpin BNI Cabang New York Aidil Azhar mengatakan dengan menjadi anggota Fedwire, pihaknya dapat menawarkan pelayanan transaksi bank koresponden ke bank-bank komersial yang ada di Indonesia.

KCLN yang didirikan tahun 1978 ini kini dapat memproses transaksi pembayaran secara langsung tanpa perlu ke bank koresponden, yakni pembayaran komersial baik dalam bentuk remitansi, trade finance, maupun pembayaran antarbank terkait dengan pelayanan tresuri.

"Bank-bank buku dua maupun buku tiga di Indonesia yang sudah berstatus devisa dapat dilayani untuk transaksi dolar AS-nya. Biasanya mereka membuka rekening di BNI New York dalam bentuk dolar AS," katanya.

Kelebihan lain, BNI New York dapat membantu bank-bank tersebut dalam melakukan transaksi transfer. Jika bank asal Indonesia melakukan pengiriman uang dalam mata uang dolar AS ke salah satu bank di negara itu atau di luar AS, maka mereka akan menyalurkan melalui BNI New York.

Misalnya, lanjut dia, nasabah mereka ingin mengirim ke Bank of America, atau Bank of New York, maka BNI akan menerima transaksi dari bank tersebut, misalnya dari bank pembangunan daerah (BPD).

Kemudian, bank penerima akan menerima pada hari yang sama, bahkan pada menit yang sama yang tidak hanya pada transaksi remitansi tetapi juga transaksi terkait perdagangan maupun tresuri.

Selain melayani transaksi dolar AS, bank-bank devisa asal Indonesia, BNI KCLN New York juga membantu sebagai penasehat di bidang perbankan internasional, misalnya terkait dengan transaksi internasional atau berhubungan dengan transaksi mata uang dolar. Bahkan, pihaknya dapat mengeluarkan surat referensi yang biasanya dibutuhkan oleh Otoritas Jasa Keuangan sebagai salah satu persyaratan bank devisa.

BNI KCLN New York juga mempunyai misi menjadi sumber pendanaan dolar AS dengan harga yang kompetitif dan diharapkan bisa menggalang dana untuk bisa mendukung bisnis, baik yang lokal di AS maupun yang berhubungan dengan Indonesia.

Mengingat ada perwakilan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang ditempatkan di AS, bank BUMN ini juga berfungsi sebagai penghubung investor untuk menarik investor atau jadi corong BNI di pasar dunia. Selain itu, BNI KCLN New York juga sebagai tempat pelatihan untuk para pegawai-pegawai professional BNI.

Terkait dengan fungsinya sebagai sumber pendanaan berdenominasi dolar AS, BNI New York sejak tahun 2020 ini menciptakan inisiatif baru yakni dengan meluncurkan program certificate of deposit (CD).

Menurut Aidil, program CD (global CD) ini maksimum sebesar 1 miliar dolar AS dengan tenornya bisa 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, sampai dengan satu tahun dan hingga Juli 2020, sudah menerbitkan CD sebanyak 400 juta dolar AS. (Ant)

BNI

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Sep 2020 02:45 WIB

Nyai Nur Ismah, di Antara Perempuan-Perempuan Penjaga Al-Quran

Khazanah

Putri ulama lengedaris KH Abdullah Salam dari Kajen Pati

22 Sep 2020 00:59 WIB

MAMA 2020 Digelar Virtual 6 Desember

ngopiK-pop

MAMA 2020 digelar virtual di Korea Selatan.

22 Sep 2020 00:40 WIB

Gedung Baru Agensi BTS Mewah

ngopiK-pop

Gedung baru Big Hit Entertainment, agensi BTS, mewah.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...