Lokasi gempa. (Foto: BNPB)
Lokasi gempa. (Foto: BNPB)

BMKG: Potensi Tsunami di Lombok adalah Waspada atau Level Paling Rendah

Ngopibareng.id Timur Indonesia 05 August 2018 20:10 WIB

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, menyatakan jika sudah mendapatkan laporan tsunami sudah mencapai di Desa Carik dan Desa Bajah. Namun ketinggian tsunami yang menyentuh dua desa ini masih setinggi sekitar 13cm di Desa Carik dan 10cm di Desa Bajah.

Sementara itu, Dwikorita menyatakan jika tinggi gelombang tsunami diperkirakan hanya sekitar setengah meter atau 50 cm. Namun meski begitu, Dwikorita menyatakan agar warga tetap waspada dan menyelamatkan diri.

"Tunggu update selanjutnya dari BMKG. Tunggu sekitar dua jam lagi untuk mengetahui apa aman tsunami atau tidak," kata Dwikorita.

Namun meski menyatakan akibat gempa di Lombok ini berpotensi tsunami, Dwikorita menyatakan jika level tsunami yang dikeluarkan untuk gempa Lombok kali ini adalah pada level waspada atau level paling rendah.

Sementara itu, hingga kini telah terjadi belasan gempa susulan. Dwikorita juga menyatakan agar warga tetap menyelamatkan diri dan menjauhi bangunan yang sudah retak-retak. Dikhawatirkan bangunan retak ini tak kuat lagi menahan beban. (amr)

Penulis : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Nov 2019 13:28 WIB

Dari IKEA untuk Anak-anak Korban Gempa Lombok

Nusantara

IKEA Indonesia bangun pusat bermain untuk anak-anak korban gempa Lombok, NTT.

15 Sep 2019 04:28 WIB

Gempa Bumi Guncang NTB dan NTT

Warta Bumi

Pusat gempa di Waingapu, Nusa Tenggara Timur (NTT), berada di darat.

07 Sep 2018 15:15 WIB

UNUSA Kirim Tim Trauma Healing Untuk Korban Gempa di Lombok

Unusa Gateway

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) kembali mengirimkan bantuannya untuk membantu korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...