Ketua Umum BKOW Jatim Fatma Saifullah Yusuf (kanan) memberikan kenang-kenangan saat Rapat Pleno dan Seminar Manajemen. (Foto: istimewa)
Ketua Umum BKOW Jatim Fatma Saifullah Yusuf (kanan) memberikan kenang-kenangan saat Rapat Pleno dan Seminar Manajemen. (Foto: istimewa)

BKOW Jatim Hadirkan Seminar Kewirausaahan Untuk Bekal Usaha

Ngopibareng.id Jawa Timur 08 July 2019 21:40 WIB

Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jawa Timur kembali menyelenggarakan Rapat Pleno dan Seminar Manajemen Rumah Makan di Hotel Kampi Surabaya, Senin 8 Juli 2019 pagi.

Rapat pleno ke-2 pada tahun 2019 ini dihadiri Ketua Umum BKOW Provinsi Jawa Timur Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf, pengurus dan anggota pleno organisasi anggota BKOW Prov. Jatim.

Mengawali rapat pleno, Fatma Saifullah yang memimpin rapat mengesahkan pergantian pengurus dan anggota pleno dari Persatuan Istri Insinyur Indonesia (PIII) Jawa timur dan Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Jawa Timur.

Selanjutnya Fatma memaparkan kegiatan yang telah dilaksanakan BKOW Provinsi Jawa Timur selama bulan Februari - Juni 2019. Rapat pleno berakhir setelah Fatma menyampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan BKOW Prov. Jatim yaitu rapat pleno ke-3 pada bulan September, seminar bidang pendidikan dan seminar TOGA.

Seminar Manajemen Rumah Makan menyambung kegiatan selanjutnya yang menghadirkan Ketua IWAPI Jawa Timur Ny. Susmiati Rahmawati. Ibu 6 anak yang sukses dengan gerai bisnis Warung Apung Rahmawati, Rahmawati Suki and Grill, Pusat Oleh-oleh Rahmawati dan War Coffee Story ini membocorkan kunci keberhasilan bisnisnya. Mulai dari perencanaan bisnis, manajemen, strategi pemasaran, kualitas, pengawasan, kendala dan solusi dalam berbisnis. Wanita yang menjabat sebagai Ketua Bidang Ekonomo Dan Koperasi BKOW Prov Jatim ini juga membagikan resep membuat daging krawu khas Kota Gresik.

Fatma menjelaskan bahwa menggelar seminar kewirausahaan ini merupakan hal yang tepat karena menurutnya saat ini usaha rumah makan telah menjamur dimana-mana dan menjanjikan keuntungan yang baik.

“Disisi lain, diketahui pula bahwa banyak yang belum atau tidak berhasil dalam menjalankan usaha dimaksud. Hal ini mensyaratkan bahwa keberhasilan bisnis ini tentu saja harus dibarengi dengan pengelolaan (manajemen) yang baik pula,” ujar founder Fatma Foundation.

“Dipahami, bahwa Manajemen Rumah Makan antara lain meliputi penentuan tipe/konsep rumah makan, memerlukan SDM yang tepat, kontrol biaya serta melaksanakan manajemen operasional dan menyusun strategi pemasaran,” sambungnya.

Dengan adanya seminar kewirausahaan Fatma berharap keberhasilan yang sudah diraih oleh Rahmawati dapat dijadikan acuan bagi para Ibu yang akan ataupun sudah memiliki bisnis kuliner.
Rangkaian acara hari itu ditutup dengan kegiatan halalbihalal. Satu persatu pengurus dan anggota pleno antre bersalaman dengan ketua dan pengurus BKOW Provinsi Jawa Timur.

Rapat Pleno dan Seminar Manajemen Rumah Makan di Hotel Kampi Surabaya Senin 8 Juli 2019 Foto istimewaRapat Pleno dan Seminar Manajemen Rumah Makan di Hotel Kampi Surabaya, Senin 8 Juli 2019. (Foto: istimewa)

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Dec 2020 06:30 WIB

Perjuangan Fatma Saifullah Yusuf Pulih dari Corona

Human Interest

Fatma Saifullah Yusuf berbagi pengalaman saat dirinya terpapar Covid-19.

17 Dec 2020 21:30 WIB

Sembuh, Istri Gus Ipul Bagikan Pengalamannya jadi Pasien Covid

Reportase

Kisahnya diunggah lewat Instagramnya.

26 Jul 2020 21:10 WIB

Baca Cerpen, Fatma Saifullah Yusuf Pakai Bahasa Jawa dan K-Pop

Tokoh

Fatma Saifullah Yusuf membuat improvisasi dari cerpen karya Wina Bojonegoro

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...