Biskuit Khong Guan yang Melegenda di Hari Raya

19 Jun 2018 06:07 ngopiBEBAS

Nama Biskuit Khong Guan tak dapat dipisahkan dalam daftar kue kering khas Hari Raya di Indonesia. Kuenya yang beraneka ragam dan rasa membuat banyak orang selalu menjadikan Khong Guan dalam daftar sajian khas Hari Raya.

Dalam sekaleng Khong Guan Merah berisi bermacam-macam jenis biskuit, mulai dari krackers, cookies, wafer, shortcake biskuit, wafer, dan cream filled sandwich. Tapi bukan rahasia umum dari sekian banyaknya biskuit yang ada, paling favorit adalah wafer.

Uniknya, produsen Khong Guan Biscuit Factory Indonesia meletakkan wafer tersembunyi di antara susunan biskuit lainnya. Ditambah hanya wafer yang dilapisi plastik. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, karena itu salah satu strategi bisnis produsen agar semua biskuit yang ada di dalam kaleng habis.

Bernardus Prasodjo creative designer kaleng Khong Guan
Bernardus Prasodjo, creative designer kaleng Khong Guan.

 

Hal lainnya yang menjadi daya tarik biskuit ini adalah, gambar lukisan pada kaleng tersebut. Coba perhatikan! Pada gambar kaleng tersebut nampak seorang ibu dengan dua anak laki-laki dan perempuan berada di sebuah meja, menyantap kue. Sang ibu lantas menghidangkan minuman menyerupai teh atau kopi.

Gambar tersebut tak pernah berubah sejak tahun 1971 hingga sekarang. Padahal, seni grafis terus berkembang dan maju.

Rupanya, ilustrasi potret sebuah keluarga tersebut sempat membuat heboh. Meski keluarga tersebut terlihat harmonis, dinilai janggal sebab banyak yang menanyakan keberadaan sosok ayah.

Nah, sebenarnya ke mana ayah dari anak-anak itu? Justru sang ayahlah yang berada di balik layar sekaligus yang mengambil gambar ketiga anggota keluarga tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Bernardus Prasodjo, si tukang gambar atau creative designer kaleng Khong Guan.

Reporter/Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini