Daisy Coleman. (Foto: Dok. Pribadi)

Bintang Dokumenter Netflix Daisy Coleman Tewas Bunuh Diri

Selebriti 07 August 2020 00:00 WIB

Kabar duka datang dari bintang Netflix. Daisy Coleman, korban pemerkosaan yang kisahnya diangkat ke dalam dokumenter Netflix, ditemukan meninggal dunia. Wanita 23 tahun itu tewas bunuh diri.

Kabar kematian Daisy Coleman dikonfirmasi oleh ibunda, Melinda Coleman lewat unggahan di Facebook, dan mengungkap bahwa polisi menemukan jasadnya setelah ia sempat meminta pemeriksaan keselamatan, pada Sabtu 1 Agustus 2020.

"Dia adalah sahabat saya dan putri yang luar biasa. Gadis kesayangan saya telah pergi," tulisnya pada unggahan tersebut.

Dilansir dari Rolling Stone, Daisy Coleman mengungkap masa lalunya yang pahit. Dia mengaku menjadi korban pemerkosaan di sebuah pesta di Maryville, Missouri pada 2012. Saat itu, Daisy Coleman baru berusia 14 tahun. Beberapa laki-laki lain merekam kejadian itu di ponselnya.

Berjam-jam setelah serangan itu, Daisy ditinggal di luar dengan suhu yang sangat dingin dan hanya menggunakan t-shirt. Tersangka pemerkosa yang saat itu berusia 19 tahun, Matthew Barnett, adalah cucu dari mantan perwakilan Partai Republik.

Dia ditangkap dan didakwa dengan kejahatan pelecehan seksual, yang kemudian dibatalkan menjadi dakwaan pelanggaran ringan yang membahayakan anak di bawah umur.

Dia dijatuhi hukuman empat bulan penjara yang diubah menjadi hanya dua tahun masa percobaan, dan dipaksa untuk membayar 1.800 dolar Amerika Serikat kepada Daisy sebagai restitusi.

"Kepada semua orang yang mendukung saya, saya berjanji bahwa apa yang terjadi pada 8 Januari 2012, tidak akan mendefinisikan diri saya selamanya," kata Daisy setelah Barnett mengaku bersalah pada 2014.

Usai tuduhannya dipublikasikan, Daisy terus-menerus diintimidasi di sekolah, membuatnya mencoba bunuh diri ketika dia berusia 16 tahun. Rumahnya juga dibakar.

"Saya berharap saya bisa mengambil rasa sakit darinya!" tulis Melinda dalam unggahan terkait kematian Daisy.

Melinda juga mengeluhkan, "Dia tidak pernah pulih dari apa yang dilakukan para pria itu kepadanya dan itu tidak adil."

Kasus pemerkosaan Daisy kemudian mendapat perhatian nasional dan didokumentasikan dalam film Audrie and Daisy pada 2016. Film dokumenter yang disutradarai oleh Bonni Cohen dan Jon Shenk tayang perdana di Sundance Film Festival 2016.

Selain kisah Daisy Coleman, dokumenter itu juga menceritakan kisah Audrie Pott yang berusia 15 tahun dan meninggal karena bunuh diri pada 2012, setelah mengalami pelecehan seksual dan foto telanjangnya diunggah secara online.

Pengalaman Daisy Coleman sebagai penyintas kekerasan seksual mendorongnya untuk mendirikan organisasi pencegahan kekerasan seksual SafeBAE, atau Safe Before Anyone Else, pada 2017. Organisasi non-profit ini didedikasikan untuk mengakhiri dan membantu korban untuk mengatasi trauma akibat pelecehan seksual terhadap siswa sekolah.

"Saya benar-benar merasa orang-orang memiliki pandangan dan persepsi tertentu tentang saya dan tentang kasus-kasus seperti ini karena mereka tidak berpendidikan," katanya kepada People, 2017 lalu.

Dia kemudian mengatakan, "Itulah mengapa saya keluar dan mencoba mendidik orang tentang apa yang terjadi di masyarakat kita."

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Sep 2020 12:07 WIB

5 Fakta Pemberontakan PKI di Indonesia

Nasional

Berawal dari orang Belanda, PKI berkembang di Indonesia.

29 Sep 2020 11:41 WIB

1.540 WNI di Luar Negeri Positif Covid-19

Nasional

Tambahan kasus baru Covid-19 WNI di luar negeri sebanyak 8 orang.

29 Sep 2020 11:18 WIB

Gwyneth Paltrow Pose Telanjang

Gosip Artis

Gwyneth Paltrow merayakan ulang tahun dengan pose telanjang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...