Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad. (Foto: Istimewa)
Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad. (Foto: Istimewa)

Bila Tak Mau Celaka di Akhirat, Jangan Asal Share di Medsos

Ngopibareng.id Khazanah 14 January 2021 02:19 WIB

Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad mengingatkan warga Muhammadiyah agar berhati-hati sebelum membagikan berita yang tidak diketahuinya secara pasti.

Menurutnya, berita bohong sudah ada sejak zaman dahulu. Manusia menyebarkannya lewat desas-desus dari mulut ke mulut. Seiring perkembangan teknologi, berita palsu kini lebih mudah dan banyak beredar.

“Seorang dikatakan berdusta bila menceritakan segala hal yang dia dengar. Orang Muhammadiyah itu kalau berdusta hilang integritasnya,” rangkum Dadang dalam Pengajian Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah DIY, dikutip Rabu 13 Januari 2021.

Menurut Dadang, umat muslim seringkali terkecoh dengan membagikan berita dengan narasi heboh di platform Whatsapp tanpa mengecek kebenarannya terlebih dahulu. Padahal, berita palsu mampu mengakibatkan kemadaratan yang besar.

Disampaikan Dadang, di dalam Surat Annur ayat 15 dan 19, Allah mengatur agar kaum beriman tidak asal share berita atau informasi yang tidak diketahui kebenarannya. Bagi Allah, perbuatan asal share berita bukanlah hal yang sepele.

Menurut Dadang, meskipun warga Muhammadiyah tergerak untuk Amar Makruf Nahi Munkar, aksi tersebut tidak dapat dibenarkan jika mengemasnya dengan berita palsu.

“Jadi jangan dianggap enteng kita mengshare kembali berita yang tidak jelas. Oleh karena itu berhati-hati Bapak-Bapak Ibu-Ibu. Itu akan mendapatkan masalah di Yaumul Jaza,” jelasnya.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Jan 2021 14:12 WIB

Selak Antrean Vaksinasi, Jenderal ini Mundur dari Jabatannya

Internasional

Panglima Militer Spanyol mundur ketahuan menyelak vaksinasi covid-19.

24 Jan 2021 13:54 WIB

Wedang Secang, Minuman Herbal Penambah Imun di Musim Hujan

Nguliner Yuk

Wedang secang adalah minuman herbal.

24 Jan 2021 13:39 WIB

Curhat Celine Evangelista, Pisah Rumah dari Stefan William

Gosip Artis

“Sering berantem tapi baru ketahuan sekarang,” kata Celine Evangelista.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...