Ilustrasi pesawat Wings Air. (Foto: Dokumentasi)

Bikin Onar di Ruang Tunggu, Wings Air Batalkan Penerbangan Seorang Penumpang di Padang

09 Jun 2018 11:28

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Maskapai penerbangan Wings Air kemarin terpaksa membatalkan penerbangan seorang penumpang dengan alasan berpotensi mengganggu keamanan saat dalam pesawat. Penumpang dengan inisial YT,  adalah penumpang yang berangkat dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang (CGK) tujuan Padang, YT berangkat pada, Jumat 8 Juni menggunakan Lion Air bernomor JT350. Ia rencananya akan akan melanjutkan penerbangan (connecting flight) dengan IW1246, tujuan Bandar Udara Binaka, Gunung Sitoli, Sumatera Utara (GNS).

Namun pada saat di Bandara Padang, YT berulah. Dia membuat keributan di ruang tunggu penumpang.

“Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan dalam penerbangan, terpaksa kami tidak menerbangkan (offload) salah satu penumpang laki-laki berinisal YT (23), dikarenakan saat masih di ruang tunggu (boarding gate) melakukan tindakan yang mengganggu kenyamanan dengan berteriak, berkata kasar dan mendorong penumpang lainnya. Tindakan tersebut juga berpotensi mengancam keselamatan,” terang Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Wings Air melalui pesan tertulis.

Danang juga menerangkan, bahwa bisnis penerbangan merupakan bisnis yang memiliki aturan yang sangat ketat (strictly regulated business). Oleh karena itu, melakukan tindakan indisipliner atau unruly/distruptive behavior merupakan salah satu faktor yang mengganggu kenyamanan serta membahayakan keselamatan dan keamanan penerbangan. (amr)