Bikin Lowogan Palsu Konsulat Amerika, Eks-Napi Narkoba Ditangkap

10 Dec 2018 12:25 Kriminalitas

Kepolisian Daerah Jawa Timur,  berhasil menangkap seorang tersangka terkait kasus ITE. Sang pelaku melakukan penipuan dengan menggunakan lambang United States Consulate General di Surabaya.

Wadirkrimsus Polda Jatim AKBP Arman Asmara menjelaskan, kasus ini melibatkan Konsulat United States (Amerika Serikat) di Surabaya.

"Kasus penipuan melibatkan satu tersangka  yang melibatkan Konsulat Jenderal Amerika Serikat yang ada di Surabaya. Ada seseorang mengambil gambar. Nah, gambar tersebut dimanipulasi, dengan aplikasi," ujar Arman di Mapolda Jatim, Senin 10 Desember 2018.

Tersangka adalah JS 37 tahun, warga Surabaya. Tersangka melakukan ini dengan membuat akun WhatsApp yang menampilkan foto dengan Inisial BN yang tak lain merupakan mantan staf HRD konsulat tersebut.

Dengan dalih membuka lowongan kerja dan siapa yang berminat disuruh untuk melengkapi data dan biaya administrasi senilai Rp 2 juta. Dengan alasan untuk biaya seragam mulai dari celana, sepatu safety, helm safety, untuk bekerja. Tersangka memberi iming-iming gaji Rp 6 Juta perbulannya.

Arman Asmara juga menambahkan, korban saat ini masih enam dan saksi delapan orang.

"Yang sudah terkena penipuan ini sebanyak enam orang. Kemudian kami memeriksa saksi sebanyak delapan orang, total kerugian sekitar Rp12 juta," tambah Arman.

Tak hanya membuat informasi palsu. Tersangka meyakinkan korban dengan mengirimkan kartu nama palsu yang mengaku sebagai BN. Tersangka JS merupakan mantan pekerja di Konsulat tersebut.

Setelah korban memenuhi syarat dengan transfer biaya tersebut, korban tidak kunjung ada pemanggilan dari pihak kantor United States Consulate General di Surabaya.

Tersangka JS merupakan mantan penghuni lapas di Madiun, terkait kasus narkoba, tersangka telah mendekam di penjara pada tahun 2008 hingga 2018, dan baru keluar bulan Maret lalu.

Tersangka bakal dijerat dengan pasal 35 Jo pasal 51 ayat 1 UU RI No 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU No 11 tahun 2008 Informasi dan Transaksi Elektronik dan pasal 378 KUHP.(ocn)

Lambang yang digunakan tersangka untuk membuat lowongan kerja palsu  foto  Roesdanngopibarengid
Lambang yang digunakan tersangka untuk membuat lowongan kerja palsu ( foto : Roesdan/ngopibareng.id)
Penulis : Roesdan Suriansyah
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini