Biasa Disajikan Saat Imlek, Ini Khasiat Ikan Bandeng

05 Feb 2019 14:00 ngopiHealth

Ikan bandeng menjadi pilihan saat perayaan Imlek atau Tahun Baru China karena dipercaya sebagai lambang pembawa rezeki. Namun di balik kepercayaan masyarakat Tionghoa, ikan bandeng sesungguhnya juga baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Karena ikan ini mengandung nutrisi yang luar biasa baik untuk kesehatan.

Dalam sejumlah penelitian, kandungan omega 3 ikan bandeng lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Omega 3 adalah jenis lemak tak jenuh ganda yang penting sebagai asam lemak esensial untuk perkembangan otak dan memori anak, serta mencegah berbagai macam penyakit.

Ikan ini juga kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Dengan kandungan nutrisinya yang kaya, ikan ini punya banyak khasiat untuk tubuh.

1. Membantu kesehatan tulang

Ikan bandeng mengandung banyak vitamin, mineral, fosfot dan nutrisi. Beberapa yang paling melimpah adalah vitamin D, kalsium, dan fosfor. Ketiga nutrisi ini sangat berharga untuk struktur kerangka yang sehat. Kalsium sangat penting untuk membantu proses penyembuhan tulang patah, mencegah atau memperlambat osteoporosis serta membantu mencegah kehilangan mineral tulang.

2. Mengoptimalkan fungsi otak

Asam lemak omega 3 yang dikombinasikan dengan vitamin A, D, dan selenium dapat memerangi gangguan kognitif dan penyakit yang berkaitan dengan usia. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa konsumsi omega-3 jangka panjang dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson. 

3. Mengurangi peradangan

Ikan bandeng adalah salah satu sumber asam lemak omega 3 terbaik. Anda bisa mendapatkan hampir 50 persen dari asupan asam lemak omega 3 yang direkomendasikan setiap hari hanya dalam satu porsi bandeng. Nutrisi pada ikan bandeng menghasilkan DHA dan EPA, dua asam lemak yang dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan.

4. Mengurangi risiko depresi dan kecemasan

Ikan bandeng mengandung kalium yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satu manfaat kalium adalah mampu meredakan kecemasan, depresi, dan beberapa gejala terkait. Penelitian menunjukkan, kekurangan kalium dikaitkan dengan orang yang lebih berisiko mengalami gangguan mood.

5. Menjaga kesehatan jantung dan ginjal

Satu porsi bandeng memenuhi kebutuhan harian vitamin B12 sebesar 116 persen. Itu sebabnya, mengonsumsi ikan ini dipercaya akan membuat jantung dan pembuluh darah lebih sehat karena kemampuannya mengatur fungsi metabolisme. Kandungan kaliumnya dapat membantu mengatur irama jantung. Vitamin ini juga membantu kerja ginjal dalam membuang limbah melalui proses ekskresi. Ini dapat mengurangi risiko pembentukan batu ginjal.

6. Menurunkan risiko kanker

Banyak penelitian yang membuktikan asam lemak omega 3 dapat mencegah tumor. Selain itu, asal lemak ini mampu melawan sel kanker seperti  kanker kulit, kanker hati, kanker prostat, kanker payudara, sel kanker kolorektal, bahkan kanker otak ganas. 

7. Meningkatkan kesehatan mata

Ikan apa pun sebenarnya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan mata. Tapi, kandungan omega 3 yang tinggi pada ikan bandeng sangat penting untuk mencegah hilangnya penglihatan seiring pertambahan usia akibat degenerasi makula. Jika dikonsumsi saat hamil, ikan bandeng menurunkan risiko bayi terlahir dengan masalah penglihatan. (yas)

Reporter/Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini