Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. (Foto: Dok. PDIP)

Biasa Ada Pesta, Kini Ultah ke-73 Mbak Mega Digelar Privat

Tokoh 23 January 2020 21:10 WIB

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri merayakan ulang tahunnya yang ke-73 pada hari ini, Kamis, 23 Januari 2020.

Ulang tahun Megawati kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang dirayakan dengan meriah.

"Sejak beberapa bulan yang lalu, Ibu Megawati telah memutuskan untuk tidak merayakan secara khusus," ujar Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto melalui keterangan tertulis pada Kamis, 23 Januari 2020.

Meski tak dirayakan, para kader partai justru menyiapkan kado istimewa, yakni dengan membuat gerakan bertajuk "Gerakan Mencintai Bumi". Gerakan apa itu?

"Gerakan menanam pohon, menjaga sungai agar bebas dari sampah, menjaga sumber mata air kehidupan, dan merawat lingkungan hidup agar semakin asri adalah hadiah istimewa bagi Ibu Megawati Soekarnoputri," jelas Hasto Kristiyanto.

Puncak gerakan mencintai bumi yang dilakukan kader PDIP ini akan dilakukan di Jawa Barat, dangan melakukan penghijauan di lahan kritis sepanjang Sungai Citarum, Jawa Barat, pada 2 Februari mendatang.

Sebelumnya, dalam tiga tahun terakhir, Megawati selalu memperingati hari lahirnya dengan acara yang sangat meriah. Pada 2017, ibunda Ketua DPR RI Puan Maharani ini memperingati ulang tahunnya yang ke-70 di Taman Ismail Marzuki. Dalam perayaan itu, Megawati menanggap pergelaran teater bertajuk Tripikala yang disutradarai sastrawan Agus Noor.

Pada 2018, acara perayaan ulang tahun ke-71 orang nomor satu di partai banteng ini juga kembali dimeriahkan dengan pagelaran teater kebangsaan di Taman Ismail Marzuki. Saat itu, lakonnya berjudul Satyam Eva Jayate yang digarap oleh seniman Butet Kertaradjasa.

Pada 2019, Presiden RI kelima itu juga merayakan ulang tahunnya ke-72 dengan menggelar acara pementasan musik bertajuk "Bangkit Pemuda Pemudi" di Hotel Grand Sahid, Jakarta.

Acara itu ramai dihadiri sejumlah tokoh. Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak pernah absen dalam perayaan ulang tahun Megawati. Namun tahun ini, Megawati hanya merayakan ulang tahun bersama keluarga dan orang-orang terdekat saja.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Feb 2020 18:00 WIB

Ini Batik Motif Baru Khas Pasuruan

Ngopibareng Pasuruan

Ikan Sengkaring yang berkoloni bisa dituangkan dalam seni batik.

26 Feb 2020 17:51 WIB

Sekjen Kemenag Resmi Nyatakan Mundur, Begini Penjelasan Menag

Nasional

M Nur Kholis Setiawan ajukan kembali ke kampus

26 Feb 2020 17:45 WIB

Artis Korea hingga Ekspor Impor Terdampak Wabah Corona

Internasional

Imbas infeksi virus corona di dunia.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.