Ilustrasi Penghitungan Surat Suara Ulang (PSSU) di tiga TPS Surabaya. (Foto:Ngobar)

Besok Surat Suara Tiga TPS Surabaya Dihitung Ulang

Surabaya 09 August 2019 13:31 WIB

Komisi Pemilihan Umum Kota Surabaya akan menggelar Penghitungan Surat Suara Ulang (PSSU) untuk tiga tempat pemungutan suara (TPS) yakni TPS 50 Kelurahan Simomulyo Baru, Kecamatan Sukomanunggal serta TPS 30 dan 31 Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan pada Sabtu besok.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya Nur Syamsi mengatakan kemungkinan PSSU tiga TPS di Surabaya tersebut akan digelar di kantor KPU Surabaya Jalan Adityawarman, Surabaya.

"Hari ini, kami masih konsultasikan dan melaporkan kesiapan teknis pelaksanaannya ke KPU Provinsi Jatim," kata Nur Syamsi pada Jumat.

Mengenai kotak suara, form dan persiapan teknis lainnya untuk PSSU tersebut, Nur Syamsi mengatakan pihaknya sudah mempersiapkannya, sehingga saat ini tinggal menunggu petunjuk teknis dari KPU Jatim.

Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Surabaya Soeprayitno mengatakan pada saat PSSU, komisioner KPU Surabaya sebagau petugas TPS karena masa tugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PP) sudah habis masa tugasnya.

"Pada saat PSU, kita undang Bawaslu dan kepolisan serta stakeholder lainnya," ujarnya.

Diketahui adanya PSSU tersebut karena adanya perkara berupa sengketa internal Partai Golkar antara Pemohon Agung Prasodjo caleg DPRD Surabaya nomor 4 dengan Aan Ainur Rofik Caleg No. 1 yang telah diputus Mahkamah Agung (MK) pada Rabu lalu.

Dalam pertimbangan hukumnya, MK merujuk pada keterangan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Surabaya dan adanya putusan Bawaslu Surabaya Nomor 53 pada 22 Mei 2019. MK merujuk kepada keterangan termohon yang mengakui adanya kesalahan pencatatan DAA1 serta keterangan dari saksi pemohon serta bukti-bukti surat. (an/ar)


Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

17 Sep 2020 23:50 WIB

Ada Indikasi Berpihak, Risma dan Pemkot Dikritik KIPP

Pilkada

Risma dan Pemkot dianggap tidak netral

17 Sep 2020 20:55 WIB

Moncer, Eri Lima Besar Tertinggi Sekolah Cakada PDIP

Pilkada

Ia mendapatkan nilai tertinggi di pre-test sekolah cakada PDIP.

17 Sep 2020 17:40 WIB

Diperhatikan Pemkot, Warga Tandes Satu Suara Dukung Eri-Armuji

Pilkada

Mereka ingin pembangunan yang sudah baik dilanjutkan lagi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...