Kereta Api Pandanwangi rute Jember-Banywuangi PP kembali beroperasi mulai Minggu, 9 Agustus 2020. (Ilustrasi/Ngopibareng.id)

Besok, Kereta Pandanwangi Rute Jember-Banyuwangi Beroperasi

Jawa Timur 08 August 2020 18:15 WIB

Kereta Api Pandanwangi, yang merupakan kereta lokal dengan relasi Jember-Banyuwangi (PP) mulai beroperasi kembali pada 9 Agustus 2020. Kereta ini akan beroperasi setiap hari dengan menerapkan protokol Covid-19.

Vice President PT KAI Daop 9 Agus Barkah menjelaskan jika kereta lokal itu akan beroprasi dengan menerapkan protokol untuk penumpang serta pekerja kerata api. Rencananya, ada empat perjalanan yang akan berangkat setiap harinya.

Kereta beroperasi kembali setelah melihat tingginya keinginan masyarakat atas layanan kereta lokal tersebut.

Meski lokal, namun Pandan Wangi akan tetap menerapkan protokol Covid-19. Bentuknya sedikit berbeda dengan kereta api jarak jauh. "KA Pandanwangi itu merupakan kereta lokal, sehingga penumpang yang naik kereta tersebut tidak perlu menyediakan dokumen kesehatan sebagai persyaratan melakukan perjalanan," katanya.

Namun PT KAI Daop 9 Jember tetap menerapkan protokol kesehatan untuk penumpang yang akan naik KA Pandanwangi, seperti suhu tubuh tidak boleh lebih dari 37,3 derajat Celsius, kewajiban memakai masker, dan diimbau untuk mengenakan pakaian lengan panjang.

"Kami juga menerapkan kapasitas tempat duduk maksimal 70 persen sesuai protokol kesehatan, sehingga diharapkan dapat mencegah penularan virus corona selama perjalanan menggunakan kereta api lokal," katanya.

Kini, KAI Daop 9 Jember mengoperasikan lima KA dengan 12 perjalanan kereta setiap harinya pada Agustus 2020. Penumpang bisa memesan tiket KA jarak jauh maupun KA lokal dengan memesannya melalui aplikasi daring KAI Access mulai H-7 sebelum keberangkatan kereta api atau penjualan langsung (go show) di loket, tiga jam sebelum kereta berangkat. (Ant)

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Sep 2020 10:54 WIB

Kapan Kartu Prakerja Gelombang 11 Dibuka? Ini Penjelasannya

Nasional

Kuota sudah penuh, namun akan dibuka lagi bila beberapa pendaftar mundur.

29 Sep 2020 10:37 WIB

Mengenal Anosmia Gejala Baru Covid-19

Kesehatan

Anosmia gejala kehilangan indra penciuman bagi pasien Covid-19.

29 Sep 2020 10:19 WIB

Empat Pemain Persebaya Positif Covid-19

Liga Indonesia

Presiden Persebaya, Azrul Ananda menyebut empat pemainnya Covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...