Jangan lupa, besok di Lapangan Bakti Kota Banjar. Foto:Istimewa
Jangan lupa, besok di Lapangan Bakti Kota Banjar. Foto:Istimewa

Besok Malam Beraksi, Nonton Wayang Ajen yuk...

Ngopibareng.id Event 16 March 2018 13:51 WIB

Nonton Wayang Ajen yuk... Catat ya, si wayang akan beraksi Sabtu (17/3) malam besok di Lapang Bakti, Kota Banjar, Jawa Barat. 

Wayang kondang ini akan memeriahkan puncak HUT ke-15 Kota Banjar. Acara ini juga didukungan penuh Kementrian Pariwisata melalui branding Pesona Indonesia.

Wayang Ajen akan tampil membawakan seni pertunjukan berbasis media digital.

Menurut Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Banjar Nana Suryana mengatakan, perayaan puncak HUT ke-15 Kota Banjar dibagi menjadi dua segmen.

Pertama bertajuk Wisata Edukasi Anak Banjar Gemar Wayang, dihelat mulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB. Segmen kedua, Semarak Wayang Ajen yang digelar malam hari mulai pukul 20.00 WIB.

Nana menjelaskan, wayang Ajen adalah salah satu wayang kebanggaan tanah air yang telah diapresiasi di 51 negara. Wayang Ajen selalu menyuguhkan tampilan yang menghibur, dan tentu saja sarat dengan nilai-nilai budaya.

Kata Nana, Wayang Ajen dikenal dengan suguhan yang menghadirkan tafsir baru. Juga mampu membaca tradisi dengan cara-cara modern sehingga menjadi sesuatu yang berbeda. Wayang Ajen Merekonstruksi suatu peristiwa yang disesuaikan dengan format kekinian.

Wayang Ajen mengkolaborasikan wayang golek, multimedia, komposisi musik, dan seni lainnya dalam sebuah pertunjukan. Wayang ini juga didukung penataan artistik panggung, keserasian tata cahaya, serta kostum yang harmonis, layaknya sebuah konser yang diminati anak muda. 

Deputi Pemasaran Nusantara I Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana, berharap suguhan Wayang Ajen dapat meningkatkan promosi wisata di Kota Banjar dan Jawa Barat.

Dengan jarak yang relatif dekat dari Jakarta, menjadikan Jawa Barat sebagai salah satu destinasi utama wisatawan, terutama nusantara.

Menurut Pitana, warga Jawa Barat sudah tidak asing dengan pertunjukan Wayang Jaman Now ini. Wayang Ajen tidak hanya berisi aksi panggung. Wayang ini juga memuat pesan-pesan penting dalam upaya mengembangkan pariwisata Indonesia. 

"Wayang Ajen juga menyajikan kearifan lokal yang dikemas dalam atraksi menarik. Sehingga, pesan moral tersampaikan secara apik dan jelas oleh Dalang," kata Pitana.

HUT Kota Banjar adalah momen tepat untuk mengenalkan Wayang Ajen pada anak-anak sekolah. Sebab, ada kegiatan Wisata Edukasi Anak Banjar Gemar Wayang. Event ini akan mengajarkan nilai-nilai budaya kepada generasi penerus sejak dini. 

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Wayang Ajen bisa diterima semua kalangan. Baik orang tua maupun anak muda masa kini. Sehingga, wayang menjadi seni tontonan yang penuh tuntunan.

"Wayang Ajen mengkolaborasikan atraksi kesenian daerah dengan digital. Kami ingin menarik anak muda untuk melihatnya. Ada banyak hal yang bisa didapat dari sini," kata Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya Arief Yahya meminta semua pihak menjaga budaya dan alam. Menurutnya, setiap daerah harus terus mengedepankan konsep 3A untuk mengembangkan pariwisata.

Atraksi, amenitas, maupun akses harus terus digenjot. inovasi juga harus dilakukan. Perbanyak kalender event dan acara serta sebarkan secara go digital. 

“Semakin meningkatnya pariwisata di satu daerah, akan meningkatkan kunjungan wisata. Sehingga, akan memberikan dampak langsung terhadap perekonomian masyarakat. Target jumlah kunjungan wisatawan nasional pun akan terdongkrak, sehingga menjadikan pariwisata sebagai salah satu leading sector perekonomian nasional kian terwujud," ujar Arief Yahya.(*)

Ini sinden yang juga akan beraksi besok FotoIstimewaIni sinden yang juga akan beraksi besok... Foto:Istimewa
Siapsiap menghindar awas kena senjata pamungkas FotoIstimewaSiap-siap menghindar, awas kena senjata pamungkas. Foto:Istimewa

Penulis : Widi Kamidi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

10 Aug 2020 18:40 WIB

Meninggal Akibat Covid-19, Video Walikota Banjarbaru Viral

Reportase

Dalam videonya, mendiang mengingatkan bahaya Covid-19.

10 Aug 2020 13:03 WIB

Lima Fakta Walikota Banjarbaru yang Meninggal karena Covid-19

Nasional

Lima fakta walikota Kotabaru meninggal karena Corona.

10 Aug 2020 07:09 WIB

Walikota Banjarbaru Meninggal Terinfeksi Corona

Nasional

Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani meninggal setelah 14 hari dirawat.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...