Besok, Bayangan Anda Mendadak Menghilang, Jangan Kaget..!!

Ngopibareng.id Nasional 20 March 2018 22:50 WIB

Besok, 21 Maret 2018 akan terjadi fenomena alam bernama "Hari Tanpa Bayangan". Hari Tanpa Bayangan juga bisa dirasakan di Indonesia. Salah satunya akan terjadi di kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Saat tengah hari besok, warga Pontianak akan melihat bayangan mereka "menghilang" sejenak. Ini terjadi karena posisi matahari ini akan tampak berada di wilayah koordinat 23.5° Lintang Utara dan 23.5° Lintang Selatan.

Menurut Kepala Pusat Astronomi Assalaam, AR Sugeng, deklinasi atau nilai jarak matahari ke ekuator langit pada "hari tanpa bayangan" adalah 0° yang berarti matahari tepat di atas khatulistiwa. Kota-kota di luar garis khatulistiwa juga akan mengalami fenomena tersebut, tetapi tergantung akan koordinat lintang wilayahnya dan posisi deklinasi matahari.

"Fenomena tersebut tidak terjadi pada hari yang sama, tergantung dengan posisi lintangnya, dan berdasar perhitungan pergeseran matahari, fenomena tersebut terjadi dua kali dalam setahun," kata AR. Sugeng.

"Seperti sebuah benda yang ditaruh di tengah lapangan, lalu matahari berada tepat di atasnya, dan bayangannya jatuh tepat di bawah obyek tersebut, seolah menghilang," jelasnya. (tom)

Penulis : Rahmad Utomo

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Nov 2020 11:19 WIB

Fenomena Massa, Renungan Abdillah Toha

Ketokohan

Kharisma atau daya tarik merupakan anugerah Allah SWT

13 Oct 2020 12:55 WIB

Presiden: Dampak Fenomena La Nina Curah Hujan Meningkat 40 Persen

Nasional

Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk bersiap mengantisipasi

03 Oct 2020 12:49 WIB

BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Dampak La Nina

Warta Bumi

Fenomena La Nina saat ini muncul di pasifik.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...