Gereja yang dibakar KKB Papua. (Foto: Istimewa)

Berulah, KKB Papua Bakar Gereja dan Unggah ke Media Sosial

Timur Indonesia 18 March 2020 13:35 WIB

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua kembali berulah. Kali ini mereka membakar sebuah gereja di Mimika, Papua. Tak hanya membakar, mereka juga mengunggah foto-foto pembakaran ke media sosial.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan, gereja yang dibakar merupakan Gereja Kemah Injil Indonesia, Klasis Mimika, Jemaah Sinai yang berada di kawasan Opitawak, Tembagapura.

"Pembakaran gereja di Opitawak dipimpin oleh EB. Kami tahu dari foto-foto yang mereka upload di media sosial," kata AKBP Era seperti dikutip dari Detik.com, Rabu, 18 Maret 2020.

Menurut dia, pembakaran kali ini terjadi saat KKB kabur dari kejaran aparat TNI-Polri paska ribuan warga di empat kampung yang ada di Tembagapura mengungsi.

Paska ribuan warga mengungsi, pasukan TNI-Polri memang langsung melakukan pengejaran kelompok KKB. Kelompok yang dikejar ini lantas mengarah ke Opitawak dan melakukan pembakaran terhadap gereja pada Jumat, 12 Maret 2020 kemarin.

Baku tembak antara personel gabungan dengan kelompok KKB juga sempat terjadi pada Sabtu dan Minggu, 14-15 Maret 2020 kemarin. Personel gabungan TNI-Polri juga berhasil menyita tiga senjata laras panjang serta beberapa peralatan perang tradisional.

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Jun 2020 04:25 WIB

Luka Lama

Dahlan Iskan

Rusuh antar ras di AS merupakan luka lama.

03 Jun 2020 04:22 WIB

Cara Kafe di Perancis Buka di Tengah Pandemi Covid-19

Internasional

Cara kafe di Perancis buka di tengah pandemi covid-19.

03 Jun 2020 03:34 WIB

Mulai 5 Juni, Lion Air Group Hentikan Operasional Penerbangan

Perhubungan

Penghentian operasional ini hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Terbaru

Lihat semua
03 Jun 2020 04:25 WIB

Luka Lama

Dahlan Iskan
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...