Pilkada Surabaya 2020
PILKADA SURABAYA 2020

Bertemu Sekjen PDIP, Gus Hans Ngaku Bicara Pilwali Surabaya

Pilkada 09 July 2020 12:10 WIB

Wakil Ketua DPD Golkar Jawa Timur Zahrul Azhar As'ad buka suara terkait pertemuannya dengan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristianto. Ia tak menampik jika dalam pertemuan itu, dua tokoh ini juga membicarakan tentang Pilwali Surabaya.

Ia mengatakan, pertemuan dengan Hasto tersebut terjadi di rumah dinas Ketua DPD RI, La Nyalla Mataliti, Kamis 2 Juli 2020. Menurutnya, pertemuan yang diinisiasi oleh La Nyalla itu, adalah forum silaturahmi antar anak bangsa, yang sama-sama memiliki kepedulian tinggi terhadap Kota Surabaya.

"Acara itu dalam rangka silaturahmi. Kalau tak salah Kamis malam Jumat itu. Karena setelah itu kita lanjut tahajudan di Masjid Hidayatullah Jakarta," kata Gus Hans, Rabu 8 Juli 2020.

Pertemuan antara Gus Hans dan Hasto, indikasiya berhubungan dengan Pilwali Surabaya. Ia pun tak menampik hal itu. Dirinya mengaku memang sempat berbincang mengenai Pilwali dengan politisi PDI-P itu. "Ya sempat berbicara hal itu," katanya.

Meski begitu, menurut Gus Hans pertemuan dan komunikasi masih sebatas verbal. Belum ada kesepakatan antar partai mengenai Pilwali. Antara PDIP dan Golkar. Menurutnya hingga hari ini, kondisi politik di Surabaya maupun pusat masih belum pasti. "Belum, semua masih dinamis," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua DPD II Partai Golkar Surabaya Blegur Prijanggono berkomentar tentang pertemuan Gus Hans dan Hasto. 

"Saya melihat positif thinking. Gus Hans meningkatkan elektabilitas Gus Hans sendiri untuk bisa meyakinkan pemilih. Sehingga apapun yang ditetapkan Gus Hans, sah-sah saja," ujar Blegur, Rabu 8 Juli 2020.

Terkait potensi Golkar pindah gerbong, Blegur memilih jawaban diplomatis. Menurutnya, hal itu merupakan ranah DPP partai. Pihaknya di Kota Surabaya hanya menjalankan perintah, dan petunjuk DPP.

"Seandainya ada petunjuk DPP arah kanan kiri maka kami ikuti. Politik itu saya rasa kami dinamis. Bukan berarti kami tidak konsisten pada dukungan. Sampai hari ini putusan tetap dukung Pak MA," pungkas Blegur.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Aug 2020 11:40 WIB

Presiden Jokowi Sindir Media Jangan Hanya Kejar Click dan Like

Nasional

Semestinya, media tidak dikendalikan teknologi.

14 Aug 2020 11:20 WIB

Naskah Pidato Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR 2020

Nasional

Berbagai terobosan disampaikan presiden dalam menghadapi pandemi covid-19.

14 Aug 2020 11:03 WIB

Presiden Ajak Momentum Krisis untuk Kejar Ketertinggalan

Nasional

Presiden ajak bangsa membajak momentum krisis ini raih cita-cita.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...