Ketua Umum Nasyiatul Aisyiyah Diyah Puspitarini. (Foto: md for ngopibareng.id)

Bertekad Kembangkan PAUD, Ini Peran Nasyiatul Aisyiyah

Pendidikan 08 July 2019 21:24 WIB

Nasyiatul Aisyiyah adalah salah satu organisasi otonom Muhammadiyah yang bergerak di ranah perempuan muda dan anak. Oleh sebab itu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) juga menjadi poin yang mendapatkan perhatian khusus di Nasyiah.

“Kader-kader Nasyiah harus tahu bahwa PAUD tidak hanya berbentuk Taman Kanak-kanak (TK), akan tetapi juga ada kelompok bermain (KB) dan juga temapat penitipan anak (TPA) atau yang lebih populer disebut dengan daycare,” ungkap Diyah Puspitarini, Ketua Umum Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah.

“Ada beberapa PAUD milik Nasyiatul Aisyiyah yang dapat dijadikan contoh, salah satunya PAUD Nasyiah di Banyuwangi yang telah berdiri sejak 2004 dan juga PAUD DINAR di Bangil -Pasuruan yang telah beridri sejak 2007,” tambah Diyah, dalam keterangan pada ngopibareng.id, Senin 8 Juli 2019.

Diyah mengungkapkan, Nasyiatul Aisyiyah harus membuat branding yang berbeda dengan PAUD yang lain.

“Harus ada program plus yang membuat orang lain tertarik dengan PAUD Nasyiah, dan juga tentunya merupakan PAUD inklusi, di mana anak-anak berkebutuhan khusus dapat masuk di sana tanpa dibeda-bedakan.” jelas Diyah.

Diyah berpesan kepada seluruh peserta pelatihan agar setelah pelatihan ini segera berdiri PAUD yang diinisiasi oleh Nasyiatul Aisyiyah.

“Jangan lupa senantiasa menjalin komunikasi yang baik dengan Muhammadiyah dan Aisyiyah saat akan mendirikan PAUD,” tutup Diyah.


Ia sebelummnya mengungkapkan hal itu, saat penutupan kegiatan Pelatihan Kurikulum PAUD 2013 yang diadakan Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah (PPNA) di Aula Graha Wiyata Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Jalan Ketintang Wiyata Nomor 15 Surabaya, Minggu 6 Juli 2019.

Bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, pelatihan bertema ‘Kurikulum PAUD 2013: Wujudkan Generasi Unggul, Mandiri, dan Islami’ ini diikuti 80 guru dan pengelola PAUD Nasyiatul Aisyiyah se-Indonesia ini berlangsung selama 3 hari, Jumat-Minggu 5-7 Juli. (adi)

“Harus ada program plus yang membuat orang lain tertarik dengan PAUD Nasyiah, dan juga tentunya merupakan PAUD inklusi, di mana anak-anak berkebutuhan khusus dapat masuk di sana tanpa dibeda-bedakan.” jelas Diyah.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Jul 2020 20:30 WIB

Kreasi Penjahit Rumahan, bikin APD Fashionable untuk Tenaga Medis

Jawa Timur

Berbeda dengan APD pada umumnya, APD ini bercorak dan berwarna cerah

09 Jul 2020 18:16 WIB

Mahasiswa ITS Ciptakan Metode Pembelajaran Online Bagi Anak Difab

Teknologi dan Inovasi

Mahasiswa ITS Ciptakan Metode Pembelajaran Online Bagi Anak Difabel

09 Jul 2020 17:50 WIB

Rekor Pecah, Dalam Sehari Nambah 2.657 Pasien Covid

Nasional

Jumlah penderita covid di Indonesia menjadi 70.736 orang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...