Syahrini asyik berpose di jalan tol, kawasan Juanda, Surabaya. (Foto: Instagram @princessyahrini)

Berpose di Tol Surabaya, Syahrini Diduga Langgar Aturan

07 Mar 2018 18:23

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Tingkah laku artis Syahrini memang kerap mengundang kontroversi. Mulai dari gaya rambutnya yang nyeleneh, sampai dengan fotonya yang acap kali jadi buah bibir.

Kali ini, Syahrini kembali menuai cibiran, sebab melalui akun instagramnya @princessyahrini, ia memposting poteret dirinya yang tengah asyik berpose di jalan tol, kawasan Juanda, Surabaya.

“Melangkah Manjaahh Di Jalan ToL Surabayaahh. Yaaaaa...Khaaaaannn! #PrincesSyahrini #Surabaya_5Maret2018,” tulis Syahrini.

Mengetahui hal itu. pihak PT Jasa Marga, mengatakan Syahrini bisa melanggar Undang-Undang No 38 Tahun 2014 tentang Jalan.

"Menurut aturan UU no 38 tahun 2004 tentang Jalan setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan di dalam ruang manfaat jalan," kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso, saat dikonfirmasi lewat telepon, dilasir dari laman detikcom, Rabu, 7 Maret 2018.

Dwimawan mengatakan, penggunaan bahu jalan hanya diperbolehkan untuk keperluan darurat. Menurutnya, berfoto-foto di bahu jalan ini bisa membahayakan diri Syahrini sendiri dan pengguna jalan lain.

Pelanggaran yang dilakukan Syahrini tertuang dalam Pasal 12 ayat 1 UU Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan. Ketentuan pidananya diatur dalam Pasal 63 yang berbunyi, "Setiap orang yang dengan sengaja melakukan kegiatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan di dalam ruang manfaat jalan, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat (1), dipidana dengan pidana penjara paling lama 18 (delapan belas) bulan atau denda paling banyak Rp 1.500.000.000,00 (satu miliar lima ratus juta rupiah)"

Pemotretan Syahrini di jalan tol Surabaya ini ramai dibahas karena tampak ada petugas yang menjaga lalu lintas di lokasi. Netizen mengkritik, sebab aksi itu dinilai membahayakan dan melanggar aturan.

“Teh syahrini maaf bknnya sdh ada undang2nya yah klo g blh berhenti di tol, apa teteh g tau??? @official.jasamarga @trirismaharini,” tulis netizen @ameliarizkis.

”Kl ketabrak mobil apa masih bs manja2an? Ini bukan hy membahayalan kamu..tp orang lain juga,” komentar @ucha_cha. (frd)