Gol Edin Dzeko (tengah) membuka skor 1-0 saat melawan Italia dalam laga UEFA Nations League Divisi A. (Foto: AFP)
Gol Edin Dzeko (tengah) membuka skor 1-0 saat melawan Italia dalam laga UEFA Nations League Divisi A. (Foto: AFP)

Bermain Imbang 1-1, Bosnia Redam Dominasi Italia

Ngopibareng.id Liga Europa 05 September 2020 08:18 WIB

Timnas Italia mengawali kompetisi UEFA Nations League Divisi A berjalan kurang bagus. Azzuri hanya bermain imbang 1-1 saat menjamu Bosnia Herzegovina, Sabtu, 5 September 2020 di Artemio Franchi Stadium.

Bahkan, Italia harus tertinggal lebih dulu akibat gol Edin Dzeko untuk Bosnia, sebelum membalas melalui Stefano Sensi demi mengamankan satu poin dari laga tersebut.

Hasil itu jadi permulaan yang kurang ideal bagi Italia di tahun 2020, mengingat tahun lalu tim besutan Roberto Mancini itu menyapu bersih 10 pertandingan mereka dalam fase kualifikasi Euro 2020.

Akibatnya, Italia memulai Nations League dengan menempati peringkat ketiga klasemen Grup A1 di bawah Belanda (3) dan Bosnia (1).

Meski mendominasi permainan sejak menit awal, namun tak satu pun berbuah manis. Pada menit ke-12, di mana Federico Chiesa mendapatkan peluang emas, sayang tembakannya masih melebar di sisi gawang Bosnia.

Pada menit ke-18, Lorenzo Insigne menebar ancaman lewat tendangan bebas. Ia membidik sudut kiri atas gawang Bosnia, namun gagal mencapai sasaran dan membuat bola melayang tinggi melewati mistar.

Bosnia mencoba peruntungannya pada menit ke-27. Visca melakukan tusukan ke kotak penalti Gli Azzurri dan langsung melepaskan tembakan keras. Sayangnya bidikannya masih melambung di atas gawang.

Pada akhirnya, kedua tim tidak mampu mencetak gol sampai wasit mengakhiri jalannya pertandingan. Kedua tim masih sama-sama kuat 0-0.

Italia nyaris membukukan gol pada menit ke-55. Insigne berhasil mengambil posisi lebih depan dari penjaganya dan menyambut kiriman bola dengan kepalanya. Sialnya, bola hanya membentur tiang gawang.

Gol pertama diambil oleh Bosnia dua menit setelahnya lewat aksi sang penyerang, Edin Dzeko. Bomber AS Roma tersebut sukses memanfaatkan umpan sepak pojok yang dibelokkan oleh Sunjic dengan sundulannya. Tanpa ragu, Dzeko langsung menghujam gawang Italia tanpa ampun. 1-0.

Butuh waktu 10 menit sampai Italia berhasil menyamakan kedudukan. Pemain Inter Milan, Stefano Sensi, yang sukses mencetak gol buat Azzurri dengan memanfaatkan umpan dari Lorenzo Insigne. Skor berubah jadi 1-1.

Pada menit ke-75, Insigne lagi-lagi menebar ancaman. Kali ini ia menyajikan umpan silang ciamik yang mengarah ke kepala Nicolo Zaniolo. Sayangnya pemain muda AS Roma itu gagal membidik sasaran dengan tepat.

Bosnia nyaris mencetak gol pada menit-menit akhir laga. Namun pada akhirnya, mereka harus menerima satu poin dari pertandingan kali ini. Laga Italia vs Bosnia Herzegovina berakhir dengan skor imbang 1-1.

Susunan Pemain

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Alessandro Florenzi, Leonardo Bonucci, Francesco Acerbi, Cristiano Biraghi; Lorenzo Pellegrini (Moise Kean 86'), Stefano Sensi, Nicolo Barella; Federico Chiesa (Nicolo Zaniolo 71'), Andrea Belotti (Ciro Immobile 73'), Lorenzo Insigne.

Bosnia (4-3-3): Ibrahim Sehic; Branimir Cipetic, Toni Sunjic, Sinisa Sanicanin, Sead Kolasinac (Eldar Civic 84'); Gojko Cimirot, Amir Hadziahmetovic, Amer Gojak; Edin Visca (Deni Milosevic 86'), Edin Dzeko, Armin Hodzic (Muhamed Besic 77').

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2021 10:57 WIB

Hasto: PDIP Syok Nurdin Abdullah Diciduk KPK

Nasional

Sekjen PDIP mengaku syok terhadap OOT Nurdin Abdullah.

28 Feb 2021 10:23 WIB

Sinopsis Insya Allah Sah 2: Usaha Raka Hentikan Aksi Penjahat

Film

Film Insya Allah Sah 2 akan tayang di program Movievaganza Trans 7.

28 Feb 2021 09:55 WIB

Millendaru dkk Positif Benzo, Kafe Langgar PPKM Disegel

Nasional

Kafe Brotherhood disegel karena melanggar PPKM.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...