BAP Gus Nur P21, Pekan Depan Polisi Limpahkan Tersangka ke Jaksa

12 Feb 2019 22:46 Kriminalitas

Berkas Acara Pemeriksaan (BAP) kasus penghinaan terhadap Organisasi Muda Nadhlatul Ulama (NU) dengan tersangka Sugi Nur Raharja alias Gus Nur dinyatakan lengkap atau P21.

"Kasus atas nama Sugi yang dilaporkan pasal 27 ayat 3 UU No 19 tahun 2016 dinyatakan lengkap oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU)," ujar Direktur Direktorat Reserse Kriminas Khusus Polda Jatim, Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan, Selasa 12 Februari 2019.

Yusep menambahkan setelah menyatakan lengkap BAP kasus Sugi, penyidik akan melimpahkan tersangka kepada jaksa penuntut paling lambat pada pekan depan.

"BAP Perkara Sugi sudah dinyatakan lengkap. Selanjut pelimpahan tahap 2 yaitu penyerahan tersangka dan barang bukti yang akan kita lakukan paling lambat pekan depan," ujar Yusep.

Alat bukti dalam kasus Sugi ini berupa video vlog berdurasi 1 menit 26 detik yang dibuat oleh Gus Nur dan kemudian diunggah di Youtube. 

"Isinya selama durasi 1 menit 26 detik video berisi konten narasi yang dianggap menghina Generasi Muda NU," katanya.

Yusep menambahkan, kepolisian juga telah melakukan cegah tangkal (cekal) terhadap Sugi Nur ke kantor Imigrasi. Dan pengajuan cekal telah dikabulkan. 

Sehingga saat Sugi Nur melalui kuasa hukumnya mengajukan permohonan izin ke Australia untuk tujuan dakwah pada 11 Februari 2019 langsung ditolak. 

"Kita sudah mengajukan surat pencekalan. Karena pada saat itu (kepolisian) sedang melakukan penyidikan," kata Yusep. (ocn)

Reporter/Penulis : Roesdan Suriansyah
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini