Malam Tahun BaruBatasi Kendaraan Masuk ke Surabaya, Ini Rutenya

31 Dec 2018 22:25 Surabaya

Dalam menjaga kondusifitas perayaan Tahun Baru 2019, Polrestabes Surabaya membatasi kendaraan yang akan memeriahkan malam pergantian tahun baru di Surabaya.

Pembatasan itu selain mengurangi kepadatan kendaraan yang terjadi di tengah Kota Surabaya, juga mengurangi tingkat kerawanan seperti tawuran, kriminalitas, dan lain-lain.

"Kita akan melakukan pembatasan kendaraan masuk ke Surabaya dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat," ujar Kapolrestabes Surabaya, Kombespol Rudi Setiawan, Senin, 31 Desember 2018.

Ditambahkan Rudi, selain pembatasan kendaraan, polisi juga akan pembatasan perayaan malam pergantian tahun baru di lokasi fasilitas umum, seperti kantor-kantor pemerintahan, tugu pahlawan.

"Pembatasan kendaraan di lokasi-lokasi perayaaan, seperti kita ketahui di depan kantor gubernur, kemudian tugu pahlawan sering digunakan untuk berhenti menunggu pergantian waktu. Itu nanti yang akan kita batasi," kata Rudi.

Lanjut Rudi, setiap jalur masuk ke Kota Surabaya akan dijaga oleh aparat kepolisian. Karenanya, sebanyak 2500 personel gabungan beserta perlengkapan pengamanan seperti Road Block dikerahkan untuk menjaga jalur-jalur. Di samping itu juga untuk menghindari konvoi kendaraan atau balapan liar. 

Pembatasan kendaraan tersebut antara lain dengan menutup beberapa jalur dan mengalihkan kendaraan yang menuju ke surabaya untuk balik lagi. Jalur-jalur itu antaranya:

1. Bundaran Waru, dari arah Medaeng yang akan masuk ke Jalan A Yani dan frontage diminta putar balik ke Sidoarjo. Begitu juga dari Menanggal yang akan masuk ke Jalan A Yani untuk putar balik.

2. Dari Jalan Raya Wonokromo dan Gunungsari menuju Jalan Raya Darmo diminta melewati Jalan Raya Diponegoro atau Kebun Binatang Surabaya (KBS).

3. Dari wilayah Gresik ke Surabaya melalui Karang Pilang juga diminta putar balik ke U-turn pos polisi Karang Pilang.

4. Dari Jalan Pahlawan menuju Jalan Kramat Gantung berbelok ke kiri menuju Jalan Pasar Besar dan ke kanan arah Jalan Tembaan. Kemudian dari Tembaan menuju ke Jalan Pahlawan lurus ke arah Jalan Pasar Besar. Dari Pasar Besar menuju Jalan Kramat Gantung diarahkan belok kiri dan lurus ke Tembaan. Begitu pula dari Tembaan yang mengarah ke Pasar Besar dibelokan ke Jalan Bubutan maupun Indrapura.

5. Dari Madura yang melalui Kedung Cowek, Kenjeran diminta kembali ke arah Jembatan Suramadu.

6. Kendaraan dari Banyu Urip ke Jalan Diponegoro melalui Fly Over sementara akan ditutup.

7. Pembatasan di Landmark Pakuwon, kendaraan dari Jalan HR Muhammad diarahkan putar balik di U-Turn ke arah Tandes dan Sukomanunggal. Sementara dari Wiyung putar balik di Bundaran PTC. (ocn)

Reporter/Penulis : Roesdan Suriansyah
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini